Pembersihan Longsoran Watumalang Gandeng Masyarakat

KARYA BAKTI. Agenda pembersihan material longsor di kantor Kecamatan Watumalang kemarin.

MAGELANGEKSPRES.COM,WONOSOBO – Berbagai elemen masyarakat bersama dengan Koramil 02/Watumalang, Polsek, perwakilan kecamatan serta relawan RBT Netral Sobo gelar karya bakti pembersihan bekas longsoran di kantor Kecamatan Watumalang, kemarin (18/2). Peristiwa senderan yang longsor sebelumnya telah menelan dua nyawa warga setempat.

Menurut Batuud Koramil 02/Watumalang Kodim 0707 Peltu Darmadi dengan adanya kejadian itu, diharapkan bisa menjadi perhatian masyarakat di manapun agar selalu hati-hati dengan kondisi di sekitar. Terlebih lagi jika terjadi hujan deras dalam waktu yang lama dengan kondisi kawasan yang rawan.

“Mengingat wilayah Watumalang itu kondisinya berbukit-bukit, senderan rumah atau bangunan tinggi tinggi seperti kantor kecamatan ini harus diperhatikan,” tuturnya.

Lewat momentum itu, Koramil mengajak masyarakat agar lebih peduli lingkungan sekitar, yaitu mengamati keadaan di sekelilingnya seperti jika ada retakan atau ketika ada saluran air yang tersumbat. Masyarakat juga penting untuk melihat kondisi sekeliling. Bahkan jika ada pohon atau tiang listrik yang mulai miring harus diwaspadai.

“Jika itu terjadi maka segera melaporkan aparat setempat mulai dari ketua RT, RW atau perangkat desa lainnya. Sehingga bisa diambil tindakan pencegahan. Dengan adanya upaya tersebut maka diharapkan kerugian dan resiko bisa diminimalisir,” imbuhnya.

Dengan adanya karya bakti tersebut diharapkan bekas senderan bisa segera bersih dan apabila akan dilakukan pembangunan kembali bisa dikerjakan dengan mudah. Melalui karya bakti itu diharapkan juga memupuk rasa persatuan serta kepedulian terhadap lingkungan sekitar. (win)

Artikel Menarik Lainnya :  Wonosobo Pasang Target Masuk Kategori Badan Publik Informatif