Pembelajaran Melalui Web, Siswa dan Guru Menggunakan Akun Sendiri

MAGELANGEKSPRES.COM,Tahun ajaran 2020-2021 yang masih dalam situasi Pandemi Covid-19 mengharuskan sekolah lebih kreatif untuk memberikan pembejaran kepada murid-muridnya. Salah satu sekolah di Kota Magelang yaitu SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang. Bahkan sudah merancang mempelajaran online sebelum adanya Covid-19. Dengan jumlah siswa 498 dan 38 guru dapat mempermudah pembelajaran.

SMP Mutual menerapkan system model pembelajaran dengan menggunakan web sekolah sudah sejak tahun 2017. Namun karena Covid-19 tahun ini pembelajaran menggunakan web diperbarui kembali untuk memudahkan siswa. “Siswa dapat mengakses web http://www.smpmutual.sch.id dengan mudah karena memiliki akun yang sudah disediakan oleh sekolah, selain itu juga ada absensi siswa,”tutur Kepala Sekolah Mutual, Wasi’un.

Dijelaskan Kepala Sekolah, siswa diberikan panduan penggunaan web penggunaan akun siswa. Dalam web tersebut siswa dapat melihat materi pembelajaran, tugas dan tes online yang telah diberikan guru. “Seluruh tugas selama masa pembelajaran jarak jauh akan terpusat di website ini. Untuk mengumpulkan tugas siswa cukup dengan klik tombol upload dan kemudian memilih file tugas yang akan diupload dengan ekstensi file berupa PDF, ZIP, RAR, atau Office dengan ukuran maksimal 5 Mb. Sedangkan dalam menu tes online seperti pada gambar 4 akan ditampilkan nama mapel yang di ujikan, keterangan singkat tentang tes, tanggal tes, pengjar mapel yang di teskan, pilihan keikutsertaan, dan yang terakhir adalah skor yang diperoleh. Tes online ini tidak dapat diaksanakan diluar jam yang telah ditentukan. Halaman tes online ini sering digunakan untuk melakukan penilaian harian, quiz, dan sebagainya,”jelas Wasi’un.

Ditambahkan Koordinator tim TIK, Aan Setiawan menambahkan siswa juga menu member terdapat dua pilihan, yaitu edit profil dan ganti password. Pilihan edit profil digunakan untuk merubah data siswa dan menambah foto profil siswa dan pilihan ganti password digunakan untuk merubah password akun siswa. “Kami menyarankan untuk tidak merubah password sebelum dikomunikasikan dengan tim TIK SMP Mutual Kota Magelang. Kemudian jangan lupa log out digunakan untuk mengeluarkan akun dari dashboard user. Kami menyarankan siswa untuk me log out akun ketika sudah selesai menggunakan akun hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko penyalahgunaan akun oleh pihak lain.

Artikel Menarik Lainnya :  4 Tahun Mati Suri, Dewan Kesenian Kota Magelang Dibangkitkan Kembali

Jika siswa terdapat kesulitan dalam mengoperasikan dan mengakes laman ini jangan sungkan untuk menghubungi tim TIK SMP Mutual Kota Magelang,”tambahnya. (hen)