Pembangunan Sport Center Purworejo Tahap Awal Kelar. Tahun 2022 Lanjut Revitalisasi Lapangan

MEGAH. Grand desain Stadion Sarwo Edhie Wibowo Purworejo yang diproyeksikan menjadi kawasan Sport Center megah. (dok Dinporapar Purworejo)
MEGAH. Grand desain Stadion Sarwo Edhie Wibowo Purworejo yang diproyeksikan menjadi kawasan Sport Center megah. (dok Dinporapar Purworejo)

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.COM – Stadion Sarwo Edhie Wibowo Purworejo diproyeksikan menjadi kawasan Sport Center dengan berbagai sarana olahraga berstandar nasional. Pembangunan tahap awal telah rampung dilakukan pada tahun 2021 dan masih akan berlanjut dengan beberapa tahap pekerjaan hingga tahun 2026.

Informasi itu disampaikan oleh Sub Koordinator Prestasi Olahraga Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purworejo, Agus Bambang Ar, saat dikonfirmasi di kantornya pada Selasa (11/1).

“Tahun 2021 sebagai tahap awal sudah dilakukan pembangunan Sport Center meliputi pekerjaan Fasat atau wajah stadion, serta atap dan bangunan tribun timur. Untuk tribun barat rencana tahap berikutnya pada perencanaan tahun 2023,” sebut Agus Bambang yang juga masuk dalam tim teknis.

SPORT CENTER. Pembangunan Sport Center tahap awal di Stadion Sarwp Edhie Wibowo kelar dan akan berlanjut pada tahun 2022.
SPORT CENTER. Pembangunan Sport Center tahap awal di Stadion Sarwp Edhie Wibowo kelar dan akan berlanjut pada tahun 2022.

Menurutnya, paket pertama Sport Center dikerjakan oleh CV Mayangkara pada 28 Juli hingga 9 Desember dan telah diserahterimakan pada 21 Desember 2021 lalu. Anggaran yang digunakan sekitar Rp5 miliar bersumber dari APBD Kabupaten Purworejo.

“Sebenarnya pengajuan di perencanaan kita sekitar Rp10 miliar, tapi karena ada refocushing, jadi hanya terealisasi sekitar Rp5 miliar. Struktur bangunannya karena ini stadion terbuka jadi disesuaikan agar aman dari hujan dan panas. Selain itu juga elegan.
Atap pakai baja ringan, dari perwajahan depan tampak fasat berornamen batik semi kawung dan di atas kanopi kita lengkapi tulisan timbul yang menyala,” katanya.

Agus Bambang menjelaskan bahwa pembangunan Sport Center akan berlangsung dalam 6 paket pekerjaan hingga tahun 2026 dengan total nilai anggaran mencapai Rp80 miliar lebih. Pada tahun 2022 ini, pembangunan difokuskan pada revitalisasi lapangan dalam stadion beserta drainasenya dengan perencanaan anggaran sekitar Rp7,5 miliar.

“Angka Rp7,5 miliar itu kalau tidak ada pemangkasan. Saat ini sedang kita persiapkan, mulai Februari untuk perencanaan dan semoga April pekerjaan fisik bisa dimulai,” jelasnya.

Artikel Menarik Lainnya :  Warga Desa di Purworejo Segel Kantor Desa, Tuntut Kejelasan dan Transparansi Dana Desa. Polisi Bilang Persoalan Perdata

“Target pekerjaan 5 bulan. Memang cukup lama karena pakai rumput asli, bukan sintesis,” imbuhnya.

Diungkapkan, Sport Center merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah untuk kemajuan olahraga di Kabupaten Purworejo. Keberadaan Sarpras olahraga di Sport Center nantinya diharapkan mampu memfasilitasi berbagai cabang olahraga sehingga terwujud peningkatan prestasi olahraga.

“Ke depan Sport Center ini dapat dimanfaatkan untuk semua kalangan, mulai dari masyarakat umum, pelajar, hingga organisasi olahraga. Fasilitasnya standar nasional,” ungkapnya.

Lebih lanjut Agus Bambang menyampaikan bahwa kendati pekerjaan tahap pertama sudah kelar, stadion belum dapat dipakai oleh umum mengingat masih dalam masa pemeliharaan hingga 22 Juni 2022. Selain itu, masih akan ada pekerjaan revitalisasi lapangan.

“Masyarakat mohon dapat bersabar menunggu pembangunan. Kami akan bekerja sebaik mungkin dan selalu terbuka,” terangnya. (top)