Pelayanan Publik Harus Dikawal Masyarakat

URGENSI. Dialog publik menakar urgensi perda pelayanan publik di ruang badan anggaran.

MAGELANGEKSPRES.COM,WONOSOBO- Komisi A DPRD Wonosobo yang membidangi hukum dan pemerintahan, mendorong partisipasi masyarakat untuk aktif memantau pelayanan publik. Pelayanan publik menjadi tolak ukur hadirnya pemerintah dalam melayani rakyat.

“Partisipasi masyarakat untuk memantau pelayanan publik itu penting, masukan dan kritik perlu terus disampaikan, agar menjadi lebih baik,” ungkap Ketua Komisi A DPRD Wonosobo, Suwondo Yudistiro, usai menjadi narasumber dalam dialog publik di ruang badan anggaran.

Dialog Publik dengan judul Menakar Urgensi Perda Pelayanan Publik digelar Forum Madani, MP3, Kita Institut dan DPRD di Ruang Rapat Badan Anggaran DPRD setempat digelar belakangan ini.

Dalam dialog tersebut bertindak sebagai narasumber Suwondo Yudhistiro (Ketua Komisi A DPR), Sulaiman (Direktur LBH Wonosobo) dan Ketua Ombusmen Jawa Tengah Ida Farida. Ikut hadir pula Ketua DPRD Eko Prasetyo Heru Wibowo.

Menurutnya, upaya untuk meningkatkan pelayanan publik terus dilakukan pemerintah, namun jika tidak di kawal masyrakat, prosesnya tidak masimal.

Baca Juga
Petugas Gabungan Gelar Operasi Prokes di Perbatasan Jateng-DIY, 24 Orang Terjaring

“Selama ini pemerintah anggap dalam melayani sudah maksimal dan baik, tapi rakyat yang dilayani belum merasakan hal itu,” katanya.

Berkaitan dengan hal itu, maka sinergitas antar masyarakat dengan pemerintah diciptakan. Pemkab harus siap menerima kritik dan masukan.

“Jadi tidak perlu marah atau menyalahkan. Jika pelayanan kurang maksimal, sampaikan apa adanya. Kekurangan diperbaiki,” ucapnya.

DPRD Wonosobo mengaku suda berupaya maksimal untuk mendorong pelayanan yang baik, baik itu pelayanan di bidang adminduk, kesehatan, pendidikan dan pelayanan yang lain.

“Kita dorong OPD yang memberikan pelayanan agar membuat SPM yang jelas, sehingga tolak ukurnya juga bisa dinilai,” katanya.

Berkaitan dengan perda tentang pelayanan publik, pihaknya mengaku akan mengawal kebijakan tersebut untuk bisa dijalankan. (gus)

Artikel Menarik Lainnya :  Bank Wonosobo Raih 3 Penghargaan Top BUMD Awards 2021