Peduli Sampah, Jurnalis-Bupati Kendal Pasang Poster Edukatif

Bersama Jurnalis Kendal, Bupati Kendal Dico M Ganinduto memasang poster unik berisi sentilan bagi masyarakat yang masih sembarangan membuang sampah di sungai. (NUR KHOLID MS)
PASANG - Bersama Jurnalis Kendal, Bupati Kendal Dico M Ganinduto memasang poster unik berisi sentilan bagi masyarakat yang masih sembarangan membuang sampah di sungai. (NUR KHOLID MS)

KENDAL,MAGELANGEKSPRES.COM – Tidak untuk menakut-takuti, poster unik bergambar pocong hanya untuk mengedukasi kepada masyarakat yang selama ini masih sembarangan membuang sampah di sungai. Karena imbasnya luar biasa dapat menyebabkan pendangkalan sungai dan memicu banjir yang airnya melimpas hingga permukiman warga. Pemasangan poster unik yang dibuat Jurnalis Kendal ini pun mendapatkan apresiasi dari Bupati Kendal.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto mengatakan, poster dengan tulisan unik dan menyentil ini merupakan ide dari para jurnalis kendal yang peduli dengan permasalahan sampah. “Imbauan unik ini untuk menyentil mereka yang membuang sampah sembarangan dan berharap tidak hanya dimusim hujan saja tetapi disetiap saat,” kata Bupati Dico usai memasang psoter imbauan yang berisi larangan membuang sampah sembarangan, di bantaran sungai, tak jauh dari Pasar Gladak, Kaliwungu, Selasa (16/11/2021).

Bupati mengungkapkan, penanganan sampah ini merupakan kerja bersama dari hulu hingga hilir dan semua harus berpartisipasi. Sampah menjadi tanggungjawab semuanya. “Saya mengimbau agar masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan apalagi di sungai,” ungkapnya.

Sementaraitu, Ketua Jurnal Kendal, Slamet Priyatin mengatakan, aksi ini merupakan bentuk kepedulian jurnalis Kendal yang sudah disibukkan dengan pekerjaan rutin sehari-hari. Kebetulan musimnya pas hujan, banyak wilayah di Kendal yang banjir akibat pola masyarakat yang membuang sampah sembarangan.

“Jurnalis Kendal peduli dan sekaligus prihatin masih ada masyarakat yang buang sampah sembarangan. Aksi sosial ini menggandeng pemerintah Kabupaten Kendal dan DLH Kendal serta DPUPR. Lewat poster ini, harapannya masyarakat malu untuk buang sampah sembarangan,” katanya. (lid)

Artikel Menarik Lainnya :  Bendungan Bodri Bakal Beri Dampak Besar untuk Kendal dan Jateng