Pedagang Suronegaran Gelar Suronan

0
196
Pedagang Suronegaran Gelar Suronan
BERDOA. Paguyuban pedagang bersama pegawai serta stakeholder terkait saat menggelar doa sebelum santunan anak yatim dalam rangka memperingati tahun baru Muharram 1441 H digelar di Pasar Suronegaran.

PURWOREJO – Paguyuban pedagang Pasar Suronegaran bersama dengan pegawai menggelar doa bersama dan santunan anak yatim dalam peringatan Assyura tahun baru Islam 1441 Hijriah, Selasa (10/9). Hadir dalam acara ini Ketua Paguyuban Pasar, perwakilan dari Dinas  KUKMP, Kepala Pasar Baledono dan Krendetan, Babinsa Koramil 01 Purworejo serta perwakilan dari pedagang.

Acara doa dan selamatan ini dilakukan rutin dalam setiap tahunnya secara turun temurun, dengan membuat bubur putih yang dipadukan dengan sayuran khas bumbu bulan suro. Makanan disantap atau dibagikan kepada pedagang dan pengunjung pasar setelah bacaan doa selesai dipanjatkan.

Setyo Haryadi selaku Kepala Pasar Suronegaran mengatakan acara doa bersama dan selamatan ini merupakan kegiatan rutin dalam bulan Muharram untuk mengirim doa kepada leluhur dan memanjatkan doa keselamatan bagi pegawai, pedagang dan pengunjung pasar.

“Kita berdoa agar semua diberikan keselamatan, dijauhkan dari segala macam musibah serta diberikan kelancaran dalam mencari rizki yang halal dan barokah,” jelasnya.

Lebih lanjut Setyo Hariyadi mengungkapkan selain doa dan selamatan juga diberikan santunan kepada anak yatim piatu sebagai rasa kepedulian terhadap mereka karena dianjurkan pada bulan Muharram untuk lebih memperhatikan kaum duafa dan orang yang kurang mampu.

”Saya ucapkan terima kasih kepada Dinas KUKMP, paguyuban Pasar Suronegaran atas bantuannya baik tenaga, pikiran maupun yang lainnya sehingga acara ini dapat berjalan dengan lancar,” imbuhnya.

Sementara itu Babinsa Koramil 01 Purworejo Serka Sugiato yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada pegawai dan paguyuban pedagang yang menggelar acara doa bersama dalam menyambut bulan Muharram sehingga kerukunan antara pedagang akan terjalin dengan baik dan keimanan kepada Allah juga semakin meningkat. “Ini merupakan sarana silaturahmi babinsa di wilayah binaan, untuk menjalin hubungan baik antara TNI dan masyarakat,” pungkasnya.(luk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here