Pedagang Domba Banjir Order

pedagang dan peternak domba
GEMUK. Salah satu kambing yang dijual di Pasar Hewan Kranggan berpostur gemuk dan sangat digemari oleh konsumen. 

TEMANGGUNG – Momen menjelang perayaan Idul Adha 1440 H menjadi peluang tersendiri bagi pedagang dan peternak domba. Bagi pedagang dan peternak domba yang memiliki domba dengan ukuran yang istimewa bisa laku terjual hingga di atas harga normal.

Seperti salah satunya yang akan dijual di Pasar Hewan Kranggan Temanggung ini, domba bertubuh subur dan berbadan besar serta dengan tanduk yang cukup panjang ini banyak dilirik konsumen.

Namun bagi konsumen atau masyarakat yang hendak mencari hewan kurban kali ini harus merogoh kocek yang cukup dalam untuk mendapatkan domba dengan perawakan yang dibilang cukup istimewa ini.

Sudah cukup banyak masyarakat yang menawar domba hasil budidaya peternak Temanggung ini. Nilainyapun cukup mengagumkan, sejumlah calon pembeli hewan yang sangat cocok dan sudah siap untuk dijadikan hewan kurban ini menawar dengan harga Rp3,5 juta hingga Rp4 juta.

Namun sayang oleh sang empunya domba ini belum dilepas. Alasannya, domba tersebut cukup istimewa, sehingga harga yang ditawar itu belum sepadan dengan nilai jual.

“Belum saya lepas mas, dombanya bagus, gemuk dan sudah siap dijadikan hewan kurban. Jarang domba yang seperti ini,” ungkap Roni pemilik domba.

Ia mengaku akan melepas domba ini jika sudah ada konsumen yang menawar dengan harga yang sesuai dengan kondisi dombanya. Di tahun 2018 lalu domba dengan perawakan yang sama miliknya laku terjual hingga Rp5 juta.

“Tahun kemarin saya juga punya domba jenis ini, hampir sama. Dan sepekan menjelang Idul Adha laku Rp5 juta,” ujarnya.

Ia berharap, dombanya itu bisa laku dengan harga yang sama. Sebab saat ini cukup susah mencari domba yang siap kurban dengan perawakan seperti domba miliknya.

Artikel Menarik Lainnya :  Satu Lagi Pengedar Sabu Ditangkap

“Kalau asal domba mungkin banyak, tapi jika yang dicari adalah domba seperti milik saya ini jarang dan belum tentu ada,” ujarnya.

Dia menuturkan, setiap menjelang perayaan Idul Adha harga domba selalu mengalami kenaikan harga, apalagi semakin mendekati hari kurban. Rata-rata kenaikan harga hewan antara Rp300 ribu hingga Rp400 ribu per ekor.

“JIka semakin mendekati naiknya bisa mencapai Rp500 ribu per ekor, lihat kondisinya domba juga,” tuturnya.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Perikanan dan Peternakan Temanggung, drh Esti Dwi Utami mengakui, setiap kali menjelang perayaan Idul Adha harga jual hewan ternak khususnya domba dan sapi yang sudah layak dijadikan hewan kurban selalu mengalami kenaikan harga. Apalagi untuk domba atau sapi yang memiliki perawakan istimewa.

“Memang sudah seperti ini, menjelang Idul Adha permintaan domba jantan dan sapi jantan sangat meningkat, jadi sudah sepantasnya harganya naik,” katanya.

Namun untuk domba yang memiliki perawakan istimewa biasanya tergantung dari penjual dan pembeli. Untuk harga tidak ada patokan khusus.

“Kenaikan yang wajar untuk domba itu antara Rp200 ribu hingga Rp300 ribu per ekor, dan untuk sapi antara Rp500 ribu hingga Rp750 ribu per ekor. Tapi untuk domba atau sapi yang istimewa biasanya belinya karena senang dan suka, jadi harganya bisa lebih mahal,” tuturnya. (set)