PDIP Optimistis Juara, Demokrat Nomor Tiga

    PDIP Optimistis Juara
    PLENO. KPU Kota Magelang memimpin jalannya rapat pleno terbuka rekapitulasi pemilu 17 April lalu, di Hotel Atria Magelang, kemarin.

    MAGELANG SELATAN – DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kota Magelang, optimistis menjadi pemenang dalam pemilihan legislatif (Pileg) tahun 2019. Kendati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih melakukan rapat pleno terbuka rekapitulasi dari tiap kecamatan di Hotel Atria Magelang, Rabu (1/5).

    Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Magelang, Budi Prayitno mengatakan, timnya mengawal proses pemungutan suara dari awal sampai akhir. Hasilnya, dari data tiap daerah pemilihan (dapil) menunjukkan perolehan suara meningkat dibanding saat Pemilu 2014 lalu.

    ”Kami bersyukur bisa naik untuk suara partai dan bisa nambah kursi di DPRD. Kami akui ada efek Jokowi dalam keberhasilan ini, walaupun tidak bisa termanfaatkan secara maksimal,” ujarnya saat mengikuti rapat pleno terbuka.

    Pria yang akrab disapa Udik ini menambahkan, pada Pemilu 2014 lalu mendapat 7 kursi dengan 19.024 suara. Terdiri dari Dapil 1 Kecamatan Magelang Selatan sebanyak 2 kursi (5.667 suara), Dapil 2 Magelang Tengah 3 kursi (7.908 suara), dan Dapil 3 Magelang Utara 2 kursi (5.449 suara).

    ”Pemilu 2019 ini, targetnya masing-masing Dapil nambah satu kursi. Kita prediksi Dapil Selatan dan Utara pasti nambah, sedangkan Dapil Tengah agak sulit. Tapi, hasilnya ternyata Dapil Tengah yang malah melampaui target, sedangkan Dapil Utara malah kurang suara,” katanya.

    Ia menyebutkan, berdasarkan catatan timnya, Dapil 1 Magelang Selatan meraih 8.180 suara dengan prediksi 3 kursi. Lalu Dapil 2 Magelang Tengah 10.004 suara dengan prediksi 4 kursi, dan Dapil 3 Magelang Utara 5.821 suara dengan prediksi tetap 2 kursi.

    ”Kami optimis meraih total 9 kursi dengan tambahan satu kursi di Dapil 1 Magelang Selatan menjadi 3 kursi dan satu kursi di Dapil 2 Magelang Tengah menjadi 4 kursi. Kami yakin hasil dari rapat pleno KPU ini sesuai dengan catatan kami,” jelas Udi, yang juga Ketua DPRD Kota Magelang itu.

    Artikel Menarik Lainnya :  Melongok Gerak Kereta Api Menerobos Pandemi

    Selain tim partai banteng mentereng, keyakinan yang sama juga dirasakan DPC Partai Demokrat Kota Magelang. Sekretaris DPC Partai Demokrat Kota Magelang, Marjinugroho bahkan optimis partainya mampu menduduki peringkat ketiga dalam hitungan semua Dapil di Kota Sejuta Bunga.

    ”Sampai sekarang kami masih sangat yakin kalau Partai Demokrat mampu membawa tiga wakilnya di kursi DPRD. Sama seperti tahun 2014 lalu, bahkan, kalau mendasar pada catatan tim kami, perolehan suaranya jelas lebih tinggi,” ucapnya.

    Mantan birokrat di Pemkot Magelang ini menyebut perolehan suara partai naik dibanding Pemilu 2014 lalu. Tahun 2019, timnya mencatat perolehan mencapai 9.499 atau naik dari Pemilu 2014 lalu yang hanya 7.324 suara.

    ”Tapi soal kursi tetap bertahan (tiga) sepertinya. Saya juga yakin kalau penghitungan suara kami dengan penghitungan suara KPU tidak akan berbeda,” tandasnya.

    Marjinu sendiri diprediksi lolos menduduki kursi DPRD setelah meraub ribuan suara dari Dapil 2 Magelang Tengah. Sebagai calon anggota DPRD baru, ia mengaku bersyukur dan siap mengabdi pada rakyat.

    ”Hasil ini patut kita syukuri, apalagi jalannya Pemilu juga lancar, aman, dan tertib. Kalau ada perbedaan pilihan itu wajar, sekarang saatnya bersama memajukan daerah dan rakyat,” pungkasnya.

    Sementara itu, hasil perolehan suara berdasarkan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Perhitungan Perolehan Suara Pemilu 2019 di Tingkat Kota Magelang, pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf mengungguli pasangan nomor urut 02 Probowo-Sandiaga. Paslon 01 meraup suara 56.143 (68,96 persen), sedangkan paslon nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga, memperoleh suara 25.268 (31,04 persen).

    Ketua KPU Kota Magelang Basmar Perianto Amron, menyatakan paslon nomor urut 01 unggul di semua Kecamatan di wilayah ini, yakni Kecamatan Magelang Selatan, Kecamatan Magelang Tengah dan Kecamatan Magelang Utara.

    Artikel Menarik Lainnya :  Melongok Gerak Kereta Api Menerobos Pandemi

    Di Kecamatan Magelang Selatan, paslon nomor urut 01 meraup suara 18.945, sedangkan paslon nomor urut 02 meraih 8.031suara. Di Kecamatan Magelang Tengah, Jokowi-Ma’ruf, menang telak dengan peroleh suara 22.792, sementara Prabowo-Sandiaga mendapat 7.594.

    Kemudian, di Kecamatan Magelang Utara, Jokowi-Ma’ruf mendapat suara 14. 406, sedangkan Prabowo-Sandiaga 9.643.

    Rapat pleno dihadiri oleh seluruh komisioner KPU Kota Magelang, Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito, pejabat Forpimda setempat, Bawaslu Kota Magelang, perwakilan seluruh partai politik, pendukung paslon, saksi, dan lainnya itu menyebutkan jumlah suara sah mencapai 81.411 dan suara tidak sah sebanyak 1.787 suara dari jumlah TPS di Kota Magelang sebanyak 407 tersebar di tiga kecamatan tersebut.  (wid/hen)