PCM Tegalrejo Potong Dua Sapi, Dikemas dalam 324 Paket Bingkisan

KURBAN. Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kecamatan Tegarejo, Kabupaten Magelang, laksanakan pemotongan hewan kurban  dilakukan di Dusun Krajan, Desa Tegalrejo, Kecamatan Tegalrejo.

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Kecamatan Tegarejo, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah turut serta meramaikan momen Idul  Adha 1441 H. Kesempatan ini membagikan daging kurban yang dikemas dalam bingkisan untuk diberikan kepada masyarakat di beberapa desa di kecamatan tersebut.

“Kemarin kami menyembelih dua ekor sapi. Kemudian  daging dan bagian lainnya dipotong – potong dan dikemas dalam 324 paket bingkisan. Masing – masing 2,5 kilogram, selanjutnya langsung dibagikan,” ucap Wakil Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Tegalrejo, Andi Triyanto, Senin (3/8/2020).

Berkurban melalui pemotongan hewan pada setiap perayaan Idul Adha saat ini merupakan salah satu bentuk implementasi spirit pengorbanan sebagaimana perjalanan hidup yang dialami keluarga Nabi Ibrahim.

Allah menguji ketaatan dan keikhlasan Nabi Ibrahim yang harus mempertaruhkan rasa sayang kepada putranya. Mimpi yang dialami Nabi Ibrahim yakni menyembelih Nabi Ismail putranya sendiri diyakini sebagai sebuah petunjuk dari Allah.

Nabi Ibrahim kemudian membawa Ismail ke Mina, lalu mengikatkan kain di kepala putera pertamanya tersebut. Tujuannya agar pada saat akan menyembelih tidak melihat wajah putranya tersebut yang dikhawatirkan membuatnya terharu dan menimbulkan keraguan.

Nabi Ibrahim maupun Ismail sudah sama – sama pasrah dan ikhlas menjalankan petunjuk Allah tersebut. Tidak lama setelah itu kemudian, Allah mendatangkan dan meletakkan kambing besar sebagai pengganti  nabi Ismail yang sudah siap untuk disembelih. Peristiwa dalam sejarah Islam terebut kemudian menjadi asal mula perintah dan seruan bagi seluruh umat Islam untuk melaksanakan ibadah kurban.

Andi Triyanto yang juga Dosen Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) tersebut menambahkan, lokasi pemotongan hewan kurban  dilakukan di Dusun Krajan, Desa Tegalrejo, Kecamatan Tegalrejo. Dengan ibadah kurban ini mudah – mudahkan mampu menumbuhkan kesadaran berbagai antara yang satu dengan yang lainnya serta kepedulian terhadap sesama warga masyarakat terutama yang membutuhkan.

Artikel Menarik Lainnya :  Polisi Ungkap Identitas Orang Meninggal di Garasi Bakpia Kencana. Korban Ternyata Memiliki Riwayat Asma

“Mudah – mudahan perayaan Idul Adha yang diperingati setiap tahunnya ini mampu menumbuhkan spirit bagi setiap pribadi muslim terkait pentingnya memiliki kesadaran berkorban untuk kepentingan dan kemaslahatan banyak orang,” terang Andi.(cha)