Paus Fransiskus: Perang di Ukraina saat ini merupakan tindakan provokasi atau dibiarkan

Paus Fransiskus
Petinggi Gereja Katolik Roma, Paus Fransiskus

JAKARTA,MAGELANGEKSPRES.COM – Petinggi Gereja Katolik, Paus Fransiskus menganggap bahwa Perang Dunia III telah dimulai ketika melihat berbagai konflik di berbagai belahan dunia belakangan ini.

Dalam wawancara dengan media Italia, La Civilta Cattolica, Rabu 15 Juni 2022, Paus sedang menyoroti berbagai masalah di dunia, mulai dari penyiksaan terhadap Rohingya di Myanmar hingga konflik di Rwanda.

“Beberapa tahun lalu, saya menyadari kita sedang mengalami Perang Dunia III yang berlangsung sedikit demi sedikit. Sekarang, bagi saya Perang Dunia III telah dideklarasikan,” kata Fransiksus.

“Ini adalah sesuatu yang harus membuat kita berpikir ulang. Apa yang terjadi dengan kemanusiaan sehingga menyebabkan tiga perang dunia dalam satu abad? Ini buruk bagi kemanusiaan. Ini adalah bencana,” sambungnya

Selain itu, Paus menyebut saat ini dunia sedang melihat kebrutalan dan keganasan dalam perang yang dilakukan “pasukan, yang kebanyakan tentara bayaran, yang digunakan oleh pihak Rusia.”

Walaupun demikian, Paus mengatakan, muncul kemungkinan perang di Ukraina saat ini merupakan tindakan provokasi atau dibiarkan.

“Kita tidak melihat seluruh drama yang terjadi di belakang perang ini, yang mungkin dalam waktu tertentu entah diprovokasi atau tidak dicegah,” tuturnya.

“Saya melihat ketertarikan dalam menguji dan menjual senjata. Itu sangat menyedihkan, tetapi itu yang dipertaruhkan,” pungkasnya. (dis)