Pasar Ramadan Magelang Lantai Dua Hadir di Kaki Gunung Andong

PASAR RAMADHAN. Pasar dadakan Ramadhan Gogik Girirejo, berjuluk Pasar Lantai dua Magelang di kaki Gunung Andong wilayah Ngablak Kabupaten Magelang.
PASAR RAMADHAN. Pasar dadakan Ramadhan Gogik Girirejo, berjuluk Pasar Lantai dua Magelang di kaki Gunung Andong wilayah Ngablak Kabupaten Magelang.

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Sebuah pasar dadakan berjuluk Lantai Dua Magelang hadir di kaki Gunung Andong wilayah Ngablak Kabupaten Magelang di bulan Ramadan kali ini, namanya Pasar Ramadan Gogik Girirejo.

Pasar tersebut tepatnya berada di Dusun Gogik Desa Girirejo Kecamatan Ngablak. Dibuka di sebuah halaman rumah warga disamping Kantor Desa Girirejo.

Suasana halaman disulap dengan pernak-pernik Ramadan sederhana, serta dibangunkan 20 stand bambu beratap jerami yang menambah suasana semakin meriah.

Ketua Panitia pasar tersebut, Nida Mubarok mengatakan pasar ini diinisiasi Karang Taruna Kompag Sigra Jumangkah Dusun Gogik Desa Girirejo.

“Pasar ini kita buka sejak tanggal 1 Ramadan kemarin. Dan rencana akan berlangsung sampai tanggal 20 Ramadan mendatang. Dengan konsep Ramadan ini memadukan nuansa tradisional dan Ramadan. Dengan menggandeng warga untuk berjualanan di stand yang disediakan,” ucap Nida.

Adapun 20 stand tersebut menjual aneka ragam jenis takjil. Jajanan pasar, sembako hingga sayur mayur. Dan buka mulai pukul 14.00 WIB sampai 20.00 WIB.

Lantas mengapa disebut Pasar Ramadan Magelang Lantai Dua, Nida menjelaskan kalau lokasinya di dekat Gunung Andong.

“Kalau lantai satu itu Kota Magelang, sedangkan lokasi pasar ini di pegunungan, yaitu Gunung Andong sering disebut Lantai Dua Magelang,” papar Nida.

Nida juga mengaku di stand-stand tersebut juga dihias dengan nuansa Ramadan, mulai dari pintu masuk sudah disambut gapura nuansara ramadhan. Di setiap stand juga dihias dengan ornamen ketupat lebaran.

Menurut Nida sejauh ini pengunjung yang datang bukan hanya warga sekitar saja, namun ada juga dari luar daerah.

“Biasanya banyak yang melintas itu mampir buat belanja, kalau malam sekalian belanja buat sahur. Ada juga yang rombongan gowes itu menghabiskan waktu atau ngabuburit disana sekalian buka puasa disana,” terang Nida.

Dirinya juga menyampaikan bahwa setiap hari Minggu ada pentas atau perform di Pasar Ramadan tersebut, ada live musik akustikan untuk menghibur pengunjung setiap hari Minggu.

Nida mengaku Pasar Ramadan ini digelar untuk menyemarakkan bulan Suci Ramadan. Hal ini juga untuk kegiatan karang taruna, agar anak muda ada kegiatan positif di bulan Ramadan ini. Sekaligus mengangkat perekonomian warga khususnya para pelaku UMKM.

“Semoga berdampak positif untuk warga masyarakat sekitar dan bisa berlangsung setiap tahun,” harap Nida.

Sementara Kepala Dusun Gogik, Rangga Permana mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Karang Tarunan di dusunnya tersebut.

“Kegiatan ini sangat membanggakan, karena antusias masyarakat cukup tinggi untuk menyemarakan bulan suci ini,” tambahnya.

Dan Pasar Ramadan ini, lanjutnya merupakan yang pertama kali di wilayahnya. Namun antusias pedagang yang merupakan warga Gogik cukup tinggi. Dan untuk pembeli sendiri, katanya sudah merambah ke luar wilayah Dusun.

“Pedagang ini 100 persen warga Gogik, dengan adanya pasar Ramadan ini mampu sedikit membantu perekonomian warga. Saya berharap Pasar Ramadan ini akan kembali digelar ditahun depan. Tentunya dengan konsep lebih tertata, menu lebih beragam dan tentunya lebih meriah. Dan semoga bisa dijadikan salah satu destinasi wisata Ramadan tiap tahunnya,” pungkasnya.(cha)