Pasar Pagi Kaliwungu jadi Perbincangan Nasional

KUNJUNGAN - Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Diana Kusumastuti, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kendal, untuk melihat Pasar Pagi Kaliwungu.(NUR KHOLID MS)
KUNJUNGAN - Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Diana Kusumastuti, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kendal, untuk melihat Pasar Pagi Kaliwungu.(NUR KHOLID MS)

KENDAL, MAGELANGEKSPRES.COM – Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Diana Kusumastuti, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kendal, Sabtu (28/8/2021) petang. Ia tertarik dengan keberadaan Pasar Pagi Kaliwungu yang saat ini tengah menjadi perbincangan tingkat nasional.

Pejabat kementerian itu juga berdiskusi banyak hal di pasar tersebut dengan Bupati Kendal, Kepala Dinas Perdagangan (Disdag), dan Kepala Dinas PUPR. Dalam diskusi, Disdag menyampaikan bahwa Pasar Pagi Kaliwungu ini menjadi percontohan model pasar tradisional dengan konsep desain modern di tingkat nasional. Pasar Kaliwungu memiliki kemanfaatan yang besar terutama dari desainnya yang mengutamakan kebersihan sehingga memberikan kenyamanan lebih untuk para pengunjung.

Diana Kusumastuti mengatakan, bahwa Pasar Pagi Kaliwungu ini sudah menjadi satu model pasar modern di Jawa Tengah dan bahkan setara dengan pasar-pasar di Ibukota DKI Jakarta. Hal ini dapat dilihat dari Desain Bangunan Hijau (DBH)-nya. Serta memiliki ruang terbuka yang cukup banyak sehingga menjadikan perawatannya lebih terjangkau dan terjaga kebersihannya.
“Pasar ini punya sirkulasi baik, namun mungkin harus diseragamkan lagi desainnya, juga kebersihan harus dijaga betul terutama di lokasi los pedagang basah,” katanya.

Sementara Bupati Kendal, Dico M Ganinduto mengatakan, bahwa Pasar Pagi Kaliwungu ini menjadi percontohan pasar sehat yang menerapkan protokol kesehatan yang baik. Banyak sekali pejabat instansi dan lembaga yang berkunjung untuk meninjau dan melihat langsung seperti apa pasar sehat ini dari tingkat provinsi hingga nasional. “Saya juga berharap pembangunan Pasar Weleri yang baru dapat dipercepat,” pinta Bupati Kendal langsung kepada Dirjen Cipta Karya.

Dico Ganinduto juga menyebutkan bahwa pembangunan Pasar Weleri sudah mendapatkan rekomendasi dari Kementerian Perdagangan dan diharapkan akan dibangun tahun depan apabila pandemi Covid-19 mereda. “Semoga wabah Covid segera berakhir sehingga tahun depan pembangunan Pasar Weleri I bisa dilakukan,” harapnya. (lid)

Artikel Menarik Lainnya :  Dulang Uang dari Ternak Kelinci Pedaging