Panti Penganthi Temanggung Gelar Tadarus Dua Kali Sehari

TADARUS. Sejumlah penerima manfaat di Panti Penganthi Temanggung sedang bertadarus di masjid setempat, Selasa (4/4).(foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres)
TADARUS. Sejumlah penerima manfaat di Panti Penganthi Temanggung sedang bertadarus di masjid setempat, Selasa (4/4).(foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres)

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.COM – Berbeda dengan tahun-tahun sebelum masa pandemi Covid-19, kegiatan tadarus di Panti Penganthi Temanggung pada bulan Ramadan tahun ini dilakukan lebih dari sekali waktu.

“Di tahun-tahun sebelumnya paling hanya sekali yakni pada malam hari setelah salat tarawih saja, Ramadan tahun ini dilakukan dua kali menjelang buka puasa dan setelah salat tarawih,” ungkap Prayitno, salah satu penerima manfaat, Selasa (4/4).

Ia menuturkan, meskipun belum lancar dalam membaca Alquran, namun kegiatan tadarus dalam bulan Ramadan ini menjadi wajib dilakukan. Selain untuk mencari pahala dari Allah SWT juga dilakukan untuk semakin memperlancar membaca Alquran.

“Kami memang mengalami keterbatasan, sehingga membaca Alquran dengan menggunakan huruf braile,” tuturnya.

Padahal, membaca dengan menggunakan Alquran braile membutuhkan kejelian dan kepekaan ujung jari, sehingga ketika belum benar-benar paham dalam meraba dan merasakan, maka tidak bisa membaca dengan cepat.

Sementara itu Sutarmi salah satu Pembimbing Sosial di Panti Penganthi mengatakan, kegiatan bulan Ramadan di tahun ini sudah lebih longgar jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, sehingga kegiatan tadarus bisa dilakukan secara bersama-sama di masjid.

“Alhamdulillah setelah salat tarawih dilanjutkan dengan kultum dan kemudian diteruskan dengan kegiatan tadarus Alquran bersama,” katanya.

Menurutnya, bulan Ramadan seperti saat ini menjadi bulan yang sangat dinanti oleh para penerima manfaat, mereka bisa semakin meningkatkan keimanan mereka dengan melakukan berbagai kegiatan keagamaan secara bersama. (set)