Pantau Plat Luar Kota, Polres Wonosobo Siagakan 5 Pospam

Caption- Kapolres Wonosobo, AKBP Ganang Nugroho Widhi.

MAGELANGEKSPRES.WONOSOBO– Jajaran Polres Wonosobo akan mendirikan Pos Pengamanan (Pospam) pada bulan Ramadan tahun ini. Sedikitnya lima Pospam telah disiagakan untuk mengantisipasi jalur mudik lebaran. Tugasnya untuk memantau plat luar kota yang hendak masuk ke Wonosobo.

“Sudah mulai kita pasang saat ini. Ada lima tempat di jalur pintu masuk yang kita pasang,” ungkap Kapolres Wonosobo, AKBP Ganang Nugroho Widhi.

Lima lokasi pemasangan itu ditempatkan di jalan strategis, yaitu di Pertigaan Pasar Kertek, Plaza, Pertigaan TMP Wiropati, Sawangan dan Dieng. Pos tersebut akan mulai diintensifkan untuk larangan mudik sejak tanggal 6 – 12 Mei 2021.

“Sebelum ditanggal itu kita hanya pasang untuk operasi biasa terlebih dahulu. Yakni memastikan bagi pengendara dari luar kota yang melintas untuk tetap mematuhi proses yang ada,” katanya.

Namun pihak kepolisian menegaskan jika selama pendirian Pos Pam itu, pihaknya tidak akan melakukan penyekatan jalan. Pasalnya, penyekatan itu hanya akan dilakukan di tingkat provinsi saja.

“Fokus kita memang hanya akan memantau arus lalu lintas yang keluar dan masuk ke wilayah Wonosobo, jadi tidak ada penyekatan,” tandasnya.

Pihaknya akan memeriksa kendaraan yang berasal dari luar kota pada saat larangan mudik nanti. Pengendara dari luar kota akan dicek sudah membawa surat jalan dan surat yang menunjukan negatif Covid-19.

Baca juga
Sambangi Desa Lumajang, Bupati Wonosobo Jadi Imam Salat Jumat

“Pengendara dari luar kota akan kita cek apakah sudah membawa bukti negatif Covid-19 hasil tes antigen atau GeNose. Apabila belum akan kita arahkan ke fasilitas kesehatan untuk melakukan tes terlebih dahulu,” ujarnya.

Berkaitan dengan kondisi keamanan dan ketertiban selama Ramadan hingga Idul Fitri nanti, Kapolres meminta adanya partisipasi masyarakat untuk ikut mempertahankan kondisi yang sudah dengan aktif memantau lingkungan masing-masing.

Artikel Menarik Lainnya :  Awas! Varian Mu Berpotensi Hindari Kekebalan Tubuh

“Menjaga keamanan dan ketertiban tidak hanya tugas polisi saja, tapi tugas bersama, warga bisa ikut berpartisipasi. Menjaga kondisi lingkungan masing-masing, jika ada yang berpotensi terjadi kejahatan atau bahaya lain bisa segera lapor atau koordinasi dengan RT/RW,” katanya.

Sementara itu, Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat akan mendorong kepada pemerintahan desa dan kelurahan untuk ikut berpartisipasi aktif menciptakan kondisi yang aman, nyaman dan tertib selama bulan ramadan dan Idul Fitri.

“Kita dorong, hidupkan lagi pos ronda, agar kamtibmas kita semakin kuat,” katanya.

Menurutnya, secara umum kondisi kamtibmas Wonosobo terpantau baik, masyarakat masih fokus menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan. Pihaknya berharap situasi ini akan terus bertahan hingga Idul Fitri nanti. (gus)