Pantai Sicepit..Objek Wisata dengan Kondisi Jalan Yang Sangat Memprihatinkan

Jalan Wisata Pantai Sicepit
RUSAK - Beginilah kondisi akses jalan wisata Pantai Sicepit yang rusak, sebagian besar aspal telah mengelupas sehingga menyisakan jalan berpasir dan berbatu. (M DHIA THUFAIL)

BATANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Panorama keindahan Pantai Sicepit yang terletak di Dukuh Kebanyon, Kelurahan Kesepuhan, Batang belum dilengkapi dengan fasilitas akses jalan yang mulus. Berdasarkan pantauan di lapangan, untuk menuju lokasi pantai yang terbilang tersembunyi itu, masyarakat harus melalui jalan yang terjal, rusak parah dengan medan cukup berat.

Melihat kondisi itu, Pemerintah Kabupaten Batang mengakui bahwa hingga saat ini belum mempunyai anggaran untuk proses pembenahan infrastruktur jalan menuju Pantai Sicepit.

“Pada saatnya akan kami bangun. Untuk sementara kami memahami suasana kemampuan keuangan negara (daerah), bukan tidak perhatian,” ujar Bupati Batang, Wihaji saat mengunjungi lokasi, Selasa (12/10/2021).

Ia mengatakan, dulu pantai Sicepit direncanakan untuk pengembangan Pelabuhan Niaga dan kawasan industri seluas 200 hektar. Perencanaan itu muncul sebelum adanya jalan tol dan Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB). Namun, rencana itu gagal seiring berjalannya waktu. Hingga akhirnya, potensi lain Pantai Sicepit yang muncul sebagai tempat wisata.

Pantauan di lapangan, jalan menuju pantai Sicepit membentang sekitar dua kilometer. Kondisi jalan rusak parah, hanya berupa bebatuan dan tanah. Jalanan juga bergelombang.
“Ini cocoknya pariwisata. Kalau ada problem hanya jalan. Kalau dibangun pasti ramai yang ke sini, apalagi di sini masih alami,” tutur politisi Golkar itu.

Ia mengatakan, bahwa untuk pembangunan infrastruktur butuh skala prioritas. Bupati berujar bahwa suatu saat pembangunan jalan menuju Pantai Sicepit akan dilakukan.

Sementara itu, Ketua Pokdarwis Pantai Sicepit, Solehan, turut mengakui bahwa akses jalan menuju pantai dari pusat Kota Batang sangat jelek. Hal itu selalu dikeluhkan oleh warga setempat. “Maka kami berharap Pemkab Batang bisa memperbaiki akses jalan menuju Pantai Sicepit,” ujarnya. (fel)

Artikel Menarik Lainnya :  Dua Putri Buruh Emping Bisa Lulus S1 dan S2 Cumlaude, Ini Kisahnya...