Pansus VI DPRD Kota Magelang Tuntaskan Penyesuaian RPJMD 2021-2026

KETUA PANSUS. Ketua Fraksi Partai Demokrat Kota Magelang, Marjinugroho yang juga menjabat sebagai Ketua Pansus VI, telah menyelesaikan pembahasan RPJMD 2021-2026. (foto : wiwid arif/magelang ekspres)
KETUA PANSUS. Ketua Fraksi Partai Demokrat Kota Magelang, Marjinugroho yang juga menjabat sebagai Ketua Pansus VI, telah menyelesaikan pembahasan RPJMD 2021-2026. (foto : wiwid arif/magelang ekspres)

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Panitia Khusus (Pansus) VI DPRD Kota Magelang telah menyelesaikan tahap penyesuaian rancangan awal dan rancangan akhir Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026. Termasuk sudah mendapatkan evaluasi dari gubernur.

Ketua Pansus VI DPRD Kota Magelang, Marjinungroho mengatakan, RPJMD 2021-2026 telah disampaikan dari Pemkot Magelang, beberapa pekan yang lalu. Pansus ini dibentuk guna menyiapkan lebih lanjut tentang materi RPJMD.

“Saat ini kita tengah melakukan pencermatan kesesuaian antara RPJMD ini dengan isu-isu strategis kota. Kemudian isu strategis nasional yang diselaraskan dengan visi-misi walikota dan wakil walikota terpilih,” katanya, Rabu (28/7).

Politisi Partai Demokrat itu menuturkan, RPJMD juga disinkronisasi dengan program unggulan walikota dan wakil walikota terpilih. Termasuk indikator dan capaian kinerja serta arah kebijakan pembangunan Kota Magelang 2021-2026.

“Kita fokus untuk alurnya saja agar runtut dan runut terhadap isu strategis kota, nasional, dan selaras dengan visi misi Kota Magelang serta program unggulan. Tahap selanjutnya paripurna penetapan yang akan dijadwalkan oleh Sekretariat DPRD,” jelasnya.

Pansus VI beranggotakan Iwan Soeradmoko sebagai wakil ketua dan anggota Evin Septa Kamil, Salafudin, Nieke Qory, Titiek Utami, Kevin Mahesa, Imam Musaechoni, dan Koordinator Bustanul Arifin serta Dian Mega Aryani.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Magelang, Budi Prayitno mengutarakan, tahun 2021 adalah puncak dari RPJMD 2016-2021, yang merupakan masa transisi ke tahap IV RPJPD (Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah) 2005-2025.

“Penjabarannya ada di dalam RPJMD ini. Berdasarkan pelaksanaan, pencapaian, dan sebagai keberlanjutan RPJMD ke-3, maka RPJMD ke-4 ini diprioritaskan untuk tiga poin,” tutur Politisi PDI Perjuangan itu. (wid)

Artikel Menarik Lainnya :  Perhatian! Masuk Candi Borobudur Harus Memiliki Aplikasi PeduliLindungi