Panen Raya, GP Ansor Purworejo Rintis Kemandirian Ekonomi

PANEN. Pengurus PC GP Ansor Purworejo saat melaksanakan panen raya hasil sawah yang dikelola oleh Ansor Ranting Dadirejo Bagelen.

MAGELANGEKSPRES.COM,PURWOREJO – Kemandirian ekonomi bagi organisasi maupun kader Gerakan Pemuda Ansor di semua tingkatan terus didorong oleh Pengurus Cabang. Dengan terciptanya kemandirian ekonomi tersebut, organisasi akan semakin berdaulat.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris PC GP Ansor Kabupaten Purworejo, HM Tashiel Manasik MPd saat melakukan panen raya yang digelar oleh pengurus Ranting Ansor Desa Dadirejo, Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo mengadakan panen raya di areal persawahan Desa Dadirejo. Lahan sawah yang diolah kader Ansor Banser ini disewa dari Pemerintah Desa Dadirejo.

“Apa yang dilakukan oleh Pengurus Ranting Ansor Dadirejo ini adalah upaya yang sangat positif bagi masa depan organisasi. Ansor harus ikut serta dalam memastikan ketahanan pangan, bukan sekedar cukup tapi harus bisa menyajikan padi-padi yang baik,” katanya.

Baca Juga
Polemik Ngingu Domba di Purworejo, Puluhan Mitra Tarik Jaminan Sertifikat dan Letter C

Ia berharap agar program kerja dari Ranting Ansor Dadirejo ini menjadi inspirasi bagi ranting-ranting Ansor di Kabupaten Purworejo. Menurutnya, jika Ranting Ansor se Kabupaten Purworejo yang jumlahnya kurang lebih 300 ranting atau desa melakukan hal yang sama, kekuatan ekonomi Ansor akan semakin diperhitungkan.

“Kegiatan yang sangat baik ini bisa dicontoh oleh ranting-ranting lain, akan sangat bagus jika ranting lain mau sekedar ngopi study banding ke Desa Dadirejo, atau sebaliknya Dadirejo juga belajar sesuatu dari ranting yang lain. Setiap ranting kadang mempunyai kelebihan masing-masing”, terangnya.

Sementara itu, Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Bagelen, sahabat Khanifudin Muhammad Diyanto menuturkan bahwa kegiatan seperti ini termasuk kegiatan pemberdayaan kader di bidang ekonomi.

“Potensi gerakan Ansor tidak hanya secara langsung di bidang yang agamis, tapi juga di berbagai sektor lain misalnya saja sektor Ekonomi. Kegiatan ini sangat dibutuhkan untuk memberdayakan kader yang mempunyai kemampuan dan minat di bidang ekonomi,” terang Khanifudin.

Artikel Menarik Lainnya :  Gelar FGD, DPRD Purworejo Siapkan Raperda FPP

Ia menambahkan, hasil dari pengolahan sawah ini juga bisa digunakan kembali untuk meningkatkan ekonomi kader dan juga untuk membiayai kegiatan-kegiatan Ansor.

“Selain untuk meningkatkan ekonomi, hasil panen juga bisa digunakan untuk berdakwah. Jadi, bangkit ekonominya juga bangkit gerakan Ansornya,” katanya. (luk)