Pahami Bedanya TLO dan All Risk Sebelum Memilih Asuransi Mobil

PENTINGNYA MEMILIKI ASURANSI MOBIL, Antisipasi jika hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi, seperti kecelakaan, kasus pencurian kendaraan dan begal. (Photo ISTIMEWA-www.lifepal.co.id)
PENTINGNYA MEMILIKI ASURANSI MOBIL, Antisipasi jika hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi, seperti kecelakaan, kasus pencurian kendaraan dan begal. (Photo ISTIMEWA-www.lifepal.co.id)

MAGELANGEKSPRES.COM – Kondisi lalu lintas yang semakin padat menyebabkan resiko resiko kecelakaan juga semakin tinggi. Tidak jarang para pemilik mobil mulai merasa khawatir baik saat kendaraan ditinggal atau saat digunakan. Untuk mengatasi rasa khawatir itu, memiliki asuransi mobil adalah solusi terbaik.

Ketika anda ingin atau saat membeli mobil baru, biasanya Anda juga ditawari dengan jenis asuransi mobil TLO atau asuransi All Risk. Bagi pengguna asuransi mobil mungkin sudah tahu beda keduanya.

Namun, kadang masih ada yang belum bisa membedakan kedua jenis asuransi mobil tersebut. Nah, sebelum Anda mengambil keputusan memilih produk mana, penting untuk mengetahui perbedaan kedua jenis produk.

Lantas, apa saja itu asuransi All Risk? cek sekarang asuransi mobil All Risk di bawah ini.

Pentingnya Memiliki Asuransi Mobil

Kecelakaan yang memang menjadi risiko terbesar ketika mengendarai mobil. Meskipun sudah berkendara dengan tertib dan hati-hati, tetapi bisa saja penyebab kecelakaan terjadi karena orang lain.

Risiko terluka hingga kematian mungkin bisa diminimalisir dengan meningkatkan keamanan. Tetapi resiko kendaraan rusak menjadi hal yang tidak bisa dihindari, baik itu kerusakan ringan maupun berat. Apalagi biaya perbaikan mobil terbilang cukup banyak meskipun hanya rusak ringan seperti lecet.

Tidak hanya kecelakaan yang menjadi alasan memiliki asuransi mobil. Banyaknya kasus pencurian kendaraan dan begal juga menjadi hal yang perlu diantisipasi.

Kejahatan itu tidak hanya terjadi di kota-kota besar, kota kecil yang sepi juga menjadi incaran kejahatan. Hal ini menandakan resiko kehilangan kendaraan pun semakin tinggi. Sebab itu, memutuskan memiliki asuransi mobil adalah tindakan yang tepat dilakukan.

Bedanya Asuransi Total Loss Only (TLO) dan All Risk

1. Asuransi Total Loss Only (TLO)

Asuransi TLO menanggung perlindungan pada mobil yang mengalami resiko pencurian dan biaya kerusakan lebih dari 75 % dari harga kendaraan, contohnya pencurian, terperosok, kemasukan air hingga tidak bisa digunakan, dan sebagainya.

Asuransi tidak menanggung kerugian kerusakan minor yang kurang 75 % seperti bemper mobil penyok, atau pencurian kaca spion. Acuan 75 % ini diambil karena dipastikan mobil sudah tidak dapat digunakan lagi.

Usia mobil yang ditanggung adalah maksimal 15 tahun termasuk juga jika ada layanan derek dari bengkel rekanan dari perusahaan asuransi. Pembayaran premi asuransi TLO yang harus dibayarkan lebih rendah jika dibandingkan dengan asuransi All Risk.

2. Asuransi All Risk

Berbeda dari asuransi TLO, asuransi All Risk menanggung segala jenis kerusakan mobil dari kecil hingga kerusakan total. Jaminan termasuk kompensasi untuk kehilangan atau pencurian mobil hingga layanan pembaruan STNK.

Pasalnya, cakupan perlindungan yang lebih luas, premi asuransi mobil All Risk lebih dibandingkan dengan asuransi TLO.

Jadi Mana yang Lebih Baik, Asuransi TLO vs All Risk?

Setelah mengetahui perbedaannya, menurut anda mana yang lebih baik, TLO atau All Risk?

Pada dasarnya memilih jenis asuransi disesuaikan dengan kebutuhan anda saja. Jika Anda memiliki anggaran terbatas, bisa pilih asuransi TLO yang preminya lebih murah, karena memang risiko yang ditanggung juga lebih sempit dibandingkan All Risk.

Asuransi TLO adalah solusi yang tepat untuk menghemat budget asuransi mobil Anda. Selain itu, asuransi TLO disarankan digunakan untuk menjamin mobil bekas yang berusia di bawah 10 tahun.

Sedangkan asuransi all risk lebih disarankan jika anda memiliki kendaraan baru. Umumnya usia kendaraan yang bisa dilindungi asuransi ini sekitar 7-10 tahun.

Walau harganya lebih mahal tetapi biaya pertanggungan yang dijamin lebih banyak. Asuransi ini cocok jika Anda punya anggaran lebih besar.

Apakah TLO dan All Risk Bisa Dikombinasikan?

Mungkin Anda bertanya-tanya apakah bisa mengombinasikan kedua jenis asuransi ini? Jawabannya, bisa.

Contohnya, Anda baru saja membeli baru yang langsung diasuransikan dengan asuransi All Risk. Asuransikan mobil baru anda dengan All Risk sampai tahun kedua atau ketiga.

Setelah itu, Anda bisa mendapatkan cakupan pertanggungan TLO di tahun keempat. Dengan begitu, biaya premi yang harus ditanggung akan lebih ringan karena tidak harus membayar premi All Risk terlalu lama tetapi perlindungan yang aman masih didapatkan. (rls.Adv)