Orok Bayi Ditemukan Mengapung di Bendungan Kodil

MAGELANGEKSPRES.COM,PURWOREJO – Warga sekitar Bendungan Kaliduren Kecamatan Bener Purworejo digemparkan dengan penemuan mayat bayi yang diperkirakan baru lahir lantaran tali pusarnya belum putus yang mengapung di pinggir Kali Kodel, Minggu (19/4) siang sekitar pukul 14.00 WIB.

Kapolsek Bener, AKP Sigit Prastyanto saat dimintai konfirmasi membenarkan kabar tersebut. Dikatakannya, mayat bayi tersebut  ditemukan di Sungai Kodil Bendungan Kaliduren ikut Desa Kedungloteng Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo.

“Kami mendapat informasi dari masyarakat bahwa telah ditemukan mayat bayi perempuan yang masih ada tali pusarnya dan sebagian kulit kepala dalam kondisi yang sudah mengelupas,” katanya kepada Purworejo Ekspres, Minggu (19/4).

Lebih lanjut Sigit menambahkan setelah menerima laporan dari masyarakat pihaknya langsung  menuju ke lokasi dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait. Dari pengecekan medis yang sudah dilakukan bidan desa, menerangkan bahwa usia bayi normal kelahiran ( 8-9) bulan serta meninggal kurang lebih 2-3 hari yang lalu. Atas penemuan tersebut selanjutnya mayat bayi dibawa ke RSUD Tjitrowardjojo guna proses lebih lanjut.

“Kita sudah berkoordinasi dengan tim Medis RSUD Tjitrowardojo Purworejo dan unit Reskrim Polres Purworejo untuk identifikasi dan proses outopsi,” tandasnya.

Sementara itu saksi mata Iksan mengatakan agar bayi tersebut tidak hanyut lagi ia mengangkat bayi tersebut dari laut dan meletakkannya ditempat yang kering. Ia mengangkat bayi tersebut dibantu oleh warga sekitar, proses evakuasi ini sempat menjadi tontonan warga dilokasi kejadian.

“Diperkirakan bayi ini berasal dari arah Magelang karena aliran air sungai ini (sungai kodil) dari Magelang,” katanya. (luk)