Operasi Cipta Kondisi di Bulan Ramadan, Hindari Terjadinya Kriminalitas

CIPTA KONDISI. Petugas Gabungan saat melaksanakan giat operasi cipta kondisi bulan Ramdhan.
CIPTA KONDISI. Petugas Gabungan saat melaksanakan giat operasi cipta kondisi bulan Ramdhan.

MAGELANG, MAGELANGEKPRES.COM – Petugas gabungan yang terdiri dari Satpol PP, TNI, Polri dan Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang melaksanakan Operasi Cipta Kondisi bulan Ramadan guna menyambut Idul Fitri Tahun 2022 di masa Pandemi Covid-19.

Kasi Penindakan Satpol PP, Dolut Tuge menjelaskan bahwa, kegiatan operasi gabungan ini dilaksanakan dengan terbatas untuk penerapan disiplin Prokes dan Tibum Tranmas (Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat) pada tempat-tempat kegiatan usaha yang menghadirkan kerumunan masa.

Operasi ini dilakukan di beberapa tempat seperti Malioborobudur, pemandian air hangat umbul Banyuroso, dan tempat hiburan karaoke yang ada di wilayah Kabupaten Magelang.

“Kita berikan edukasi kepada masyarakat ataupun pengunjung di tempat-tempat usaha yang sudah kita tetapkan bersama, untuk pembinaan prokes khususnya pemakaian masker. Kemudian kita juga berikan himbauan kepada pelaku-pelaku usaha untuk menerapkan selalu Protokol Kesehatan,” jelas, Dolut disela melaksanakan operasi Cipta Kondisi Bulan Ramadan, Jumat (22/4/2022).

Dolut berharap dengan dilakukannya giat operasi gabungan ini masyarakat khususnya pelaku usaha bisa ikut bersama-sama mewujudkan Tibum Tranmas di kabupaten Magelang.

Sementara itu, Bambang Setiawan selaku Kasi Binwas Satpol PP menambahkan, operasi ini harus dilaksanakan untuk menghindari terjadinya kriminalitas ataupun sesuatu yang tidak diinginkan.

“Malioborobudur menjadi sasaran utama supaya masyarakat ataupun pengunjung di masa pandemi yang belum dinyatakan selesai ini tetap menjaga Protokol kesehatan kemudian juga menjaga Tibum Tranmas jangan sampai adanya minuman keras (miras, narkoba dan sebagainya),” kata Bambang.(cha)