Omset Toko Emas Turun hingga 70 Persen Selama Pandemi

MUSTIKA GOLD. Pemilik HK Mustika Gold Slamet Santoso saat menyalurkan bantuan pangan kepada para atlet dan pelatih olahraga KONI Kota Magelang secara simbolis, belum lama ini. (foto : wiwid arif/magelang ekspres)
MUSTIKA GOLD. Pemilik HK Mustika Gold Slamet Santoso saat menyalurkan bantuan pangan kepada para atlet dan pelatih olahraga KONI Kota Magelang secara simbolis, belum lama ini. (foto : wiwid arif/magelang ekspres)

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Pandemi Covid-19 yang sudah terjadi lebih dari setahun, hampir merata berimbas pada semua dunia usaha. Tak terkecuali investasi emas.

Pemilik Toko Mas Mustika Gold, Slamet Santoso mengaku ada penurunan omset dibandingkan sebelum pandemi terjadi. Persentase penurunan mencapai 70 persen.

”Meskipun serba sulit sekarang, kami bersyukur tidak ada karyawan yang diberhentikan, tidak ada dipotong gaji. Bahkan tunjangan hari raya selama dua kali (2020-2021) dibayarkan 100 persen,” kata Slamet Santoso, kemarin.

Dia berharap, mulai Agustus ini kasus Covid-19 melandai, sehingga Kota Magelang bisa kembali hijau. Dengan begitu, PPKM level 4 bisa dilonggarkan dan perekonomian bisa pulih.

”Hampir semua sektor merasakan dampak (pandemi). Termasuk usaha toko emas. Sekarang itu kita mikirnya yang penting cukup untuk karyawan. Soal keuntungan, belum kepikiran,” tuturnya.

HK Mustika Gold sebenarnya telah merambah di dunia digital sejak tahun 2019. Toko mas yang berdiri tahun 1918 itu sudah berinovasi menggeber promosi online dengan menggandeng dua raksasa marketplace digital.

Layanan secara online yang dilakukan oleh HK Mustika Gold Magelang sekaligus untuk memenuhi keinginan masyarakat milenial. Apalagi, di tengah pandemi, masyarakat juga menginginkan membeli produk tanpa harus mendatangi lokasi.

”Masyarakat inginnya praktis, dan mudah. Termasuk emas dan perhiasan tinggal klik lewat smartphone, semua tersedia lengkap. Terlebih masih dalam suasana pandemi, sehingga kami juga mendukung pemerintah untuk mengurangi mobilitas,” ujarnya.

Di samping itu, Slamet menuturkan, di tahun ke-103, HK Mustika Gold Magelang ingin berada di tengah masyarakat untuk meringankan beban mereka selama pandemi Covid-19. Tak ayal ribuan paket sembako sudah disalurkan HK Mustika Gold selama PPKM Level 4 ini.

Artikel Menarik Lainnya :  Xiaomi Redmi 10, smartphone Rp1 jutaan fitur juara

”Saya sempat ngobrol dengan ibu-ibu yang memang kesehariannya berjualan di depan Toko Mustika Jalan Mataram. Ternyata pandemi ini tidak hanya berdampak bagi perusahaan besar saja, tapi pengusaha kecil dan PKL juga terdampak sangat signifikan,” paparnya.

Dari alasan itu, HK Mustika Gold berkomitmen untuk sedikit meringankan beban warga dengan memberikan bantuan pangan. Sampai saat ini sudah ribuan paket sembako dibagikan untuk masyarakat Magelang.

”Kami bekerja sama dengan Dinas Sosial (Dinsos) Kota dan Kabupaten Magelang, untuk mendapatkan data, masyarakat yang terdampak adanya pandemi Covid-19 ini,” imbuhnya. (wid)