NPCI Gandeng KONI Tingkatkan Prestasi Atlet Disabilitas

KOORDINASI. NPCI dan Koni Temanggung berkoordinasi untuk kemajuan atlet asal Temanggung,(foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres)
KOORDINASI. NPCI dan Koni Temanggung berkoordinasi untuk kemajuan atlet asal Temanggung,(foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres)

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.COM – National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Kabupaten Temanggung menggandeng Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Temanggung untuk memajukan dan meningkatkan prestasi atlet. Dengan harapan atlet-atlet dari NPCI bisa membawa nama Temanggung, baik di kancah lokal, nasional maupun internasional.

Ketua Pengurus NPCI Kabupaten Temanggung Deden Sri Purwantoro menjelaskan, bentuk kerja samanya adalah KONI Temanggung melalui cabang olahraga masing-masing bisa memberikan pelatihan sekaligus latihan bersama dengan atlet disabiltas.

Dengan keterlibatan langsung ini katanya, tidak menutup kemungkinan akan ada peningkatan keterampilan maupun kemampuan dalam setiap cabang olahraga.

“Ini sangat perlu dilakukan, mengingat selama ini atlet-atlet dari NPCI masih belum optimal dalam berlatih,” katanya.

Ia menyebutkan, sejumlah cabang olahraga yang bisa untuk latihan bersama di antaranya, menembak, panahan dan angkat berat serta beberapa cabang olahraga lainnya.

Menurutnya, selama ini prestasi atlet disabilitas Kabupaten Temanggung sudah cukup membanggakan. Dalam kejuaraan tingkat pelajar provinsi, atlet dari Temanggung pernah menjadi juara umum. Sementara untuk tingkat umum pada saat masih bernama BPOC (Badan Pembina Olahraga Cacat) pernah menjadi peringkat 6 se Jawa Tengah.

Tidak hanya itu, untuk prestasi individual, atlet Kabupaten Temanggung dari cabang atletik khususnya lari, masuk pelatnas di Surakarta dan juga mendapatkan emas saat Perpanas di Papua.

“Secara kelompok atau organisasi dan individual, sudah cukup banyak atlet yang berpresatasi, dengan adanya kerja sama seperti ini harapan kami bisa semakin meningkatkan prestasi atlet kami,” harapnya.

Sementara itu Sekretaris KONI Temanggung, Budi Leksono mengatakan, dengan adanya kerja sama seperti ini, pihaknya akan berusaha mendorong dan membantu agar ke depan prestasi atlet-atlet semakin bagus.

“Kita akan intrusikan kepada cabor yang ada di bawah naungan KONI Temanggung untuk bisa membantu peningkatan presatsi atlet disabilitas,” katanya.

Budi menambahkan, pada awal kerja sama ini cabang olahraga menembak, panahan dan angkat berat akan mejadi cabang olahraga yang bisa untuk latihan bersama dengan NPCI.

“Tidak hanya latihan, fasilitas pelengkap juga akan kami sediakan, selain itu juga ada pendampingan dari pelatih,” ujarnya. (set)