Nasi Arab Ali di Temanggung, Kuliner Lovers Harus Coba…

Nasi Arab Ali di Temanggung, Kuliner Lovers Harus Coba...
Nasi Arab Ali merupakan salah satu menu favorit di RM Tumijah Temanggung yang menjadi buruan banyak pecinta kuliner. Foto: rizal ifan chanaris.

MAGELANGEKSPRES.COM, TEMANGGUNG – Hari libur memang mengasyikan apabila diisi dengan kegiatan berwisata. Tak hanya mengunjungi beragam destinasi dengan suguhan menarik, namun bisa juga dilakukan dengan berwisata kuliner. Sendiri bahkan mengajak serta anggota keluarga.

Nah, kuliner lovers, apabila ingin menjajal salah satu menu di Kabupaten Temanggung, Magelang Ekspres.com punya referensi untuk Anda sekalian. Yakni menu Nasi Arab Ali yang menjadi andalan dari Rumah Makan Tumijah yang berada di Jalan Gatot Subroto Nomor 25 Manding Temanggung.

Di tempat ini, pengunjung bisa mencicipi beragam varian menu Nasi Arab Ali. Oh iya, sesuai namanya, menu ini memang sangat identik dengan kuliner khas yang lazim dijumpai di wilayah Asia Selatan maapun sebagian Timur Tengah.

Dimana secara umum sajian tersebut identik dengan menu Nasi Briyani yang terbuat dari bahan utama beras Basmati dengan bentuk dan tekstur lebih memanjang dibanding beras yang jamak kita jumpai dan dimasak dengan tambahan rempah khusus lengkap dengan daging dombanya hingga memiliki citarasa yang sangat khas.

Menurut salah seorang pegawai RM Tumijah, Muhammad Agus Setiawan (21), pengunjung yang datang dapat memilih beragam variasi menu hidangan. Mulai Nasi Arab Ali dengan tambahan sajian daging kambing maupun ayam lengkap dengan sambalnya.

Untuk harga, RM Tumijah cukup membanderonya dengan harga Rp 12.000 per porsi ayam dan Rp 27.000 untuk tambahan daging kambing.

Namun jika Anda datang secara rombongan, bisa juga memilih paket menu Jama’ah untuk berlima, bertujuh, hingga bersepuluh dengan banderol harga mulai Rp 110.000 hingga Rp 400.000 tergantung jenis daging dan jumlah porsinya.

“Pelanggan dapat memilih menu Nasi Arab Ali sesuai selera. Yang suka ayam ya pakai daging ayam, yang suka kambing ya pakai tambahan daging kambing,” bebernya, Senin (16/5/2022).

Puas menikmati sajian nasi khas daratan Arab yang penuh dengan racikan rempah-rempah, pengunjung juga dapat memilih menu minuman yang begitu menyegarkan dari bahan rempah-rempah pula.

Seperti beras kencur, wedang uwuh, kunyit asam, wedang secang, gula asem, wedang telasri, wedang jahe, wedang rosela, dan lain sebagainya dalam kondisi panas, hangat, maupun dingin.

“Harga untuk minuman khas rempah hanya Rp 8.000 sampai Rp 15.000 saja per gelas. Yang jelas semua serba rempah,” imbuhnya.

Salsabila (32), salah seorang pelanggan mengaku bahwa berbagai hidangan serba berbahan rempah dari makanan hingga minuman di RM Tumijah ini sangat layak untuk dicoba. Selain rasanya yang lezat, harganya pun tidak menguras kocek pengunjung terlalu dalam.

“Makanannya khas Timur Tengah, minumannya Indonesia banget. Yang jelas semua serba rempah. Recommended pokoknya Mas,” pungkasnya. (riz)