Mulai Ajaran Baru, SMPN 7 Magelang Buka Kelas STEM

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM Sains teknologi Enjinering, dan Matematika (STEM) akan menjadi unggulan SMPN 7 Magelang pada ajaran baru 2022. Sekolah akan menawarakan program barunya dalam bentuk kelas. Jadi ada salah satu kelas yang fokus bagi anak-anak yang memiliki minat untuk masuk dalam kelas ini.

Laela Wulandari, Kepala Sekolah SMPN 7 Magelang menjelaskan dalam rangka penerimaan siswa baru PPDB 2022 ini pihaknya membuka STEM Class. “Kita akan buka kelas STEM untuk 2 kelas sebanyak 62 siswa melalui jalur perstasi PPDB Cerdas kota Magelang,”jelas Laela.

Ditambahkan Laela, Kelas STEM akan mencetak generasi digital melalui projek dan pengembangan bakat keterampilan siswa dalam teknologi. Pada awal siswa kelas 7 siswa akan di kenalkan pengetahuan informasi teknologi tentang coding. Kemudian, siswa belajar basic dasar-dasar Basis Data. struktur database, DBMS, DDL, DML kemudian prakteknya menggunakan MySQL CLI.

“Alasan kami membuka kelas ini karena, sampai sekarang banyak pelajar dan mahasiswa sampai pekerja yang salah memahami database, padahal ilmu database merupakan ilmu terapan paling awal di dunia komputasi pemrogramman HTML I- CSS I,”imbuhnya.

Tujuan utama program ini untuk membuat anak tertarik pada dunia komputer, mengasah kemampuan sharing di dunia maya, menguasai skill agar aman di dunia maya. Materi pembelajaran mengenai sejarah tokoh-tokoh IT dunia dan Indonesia. Sejarah komputer, sejarah Internet dunia dan Indonesia, computational thinking, berinternet yang aman/cyber safet serta skill office, komputer, grafik. Menulis, bercerita di blog dan media sosial. Kelas STEM ini akan jadi unggulan sekolah kelas 7 Coding: Basic, kelas 8 Desain Grafis: Adven, Kelas 9 Robotik: Programmer.

“Silahkan para siswa SD yang berbakat dan berminat untuk bekal masa depan bisa masuk SMPN 7 Magelang. Kelas STEM/STEAM bisa jadi contoh untuk kelas unggul di masa depan,”tandasnya. (hen/adv)