Mudahkan Nonton Siaran TV Digital, 221.726 Warga Temanggung Bakal Dapat Bantuan Set Top Box

Mudahkan Nonton Siaran TV Digital, 221.726 Warga Temanggung Bakal Dapat Bantuan Set Top Box
Set Top Box dianggap menjadi salah satu komponen penting dalam meningkatkan kualitas tontonan televisi di era digitalisasi seperti saat ini. Foto: rizal ifan chanaris.

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.COM – Kabar gembira kembali berhembus. Pasalnya, tak lama lagi Kementerian Komunikasi dan Informatika akan segera membagikan secara gratis Set Top Box (STB) menyeluruh hingga ke pelosok desa. Imbasnya, masyarakat dapat menikmati tontonan siaran televisi dengan kualitas gambar yang jauh lebih jernih dibandingkan siaran televisi analog.

Saat memberikan keterangan terhadap awak media, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Temanggung, Dyah Sulistyowati Mulyaningrum menyampaikan bahwa secara umum program pembagian secara cuma-cum STB hingga ke berbagai pelosok pedesaan tak lain agar seluruh masyarakat dapat menikmati layanan siaran digital secara mudah dan gratis.

“Pembagian STB adalah program pemerintah pusat terkait analog switch off atau perpindahan siaran televisi analog ke siaran televisi digital,” jelasnya, Selasa (20/9/2022).

Kendati demikian, ia menjelaskan bahwa program pembagian STB secara gratis sendiri sejauh ini masih terbatas hanya kepada masyarakat atau rumah tangga yang masuk dalam kategori miskin atau kurang mampu saja.

Khusus untuk Kabupaten Temanggung, berdasar data yang ada, rencananya jumlah calon penerima manfaat program pembagian STB gratis dari pemerintah mencapai 221.726 warga.
“Syaratnya mereka masuk dalam daftar kategori warga miskin kurang mampu yang memiliki televisi,” imbuhnya.

Sejauh ini, pihaknya bekerjasama dengan instansi terkait lain seperti Dinas Sosial, Dinpermades, dan Disdukcapil setempat telah menyelesaikan tahap verifikasi dimana hasilnya akan segera diusulkan kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebagai dasar penetapan daftar calon penerima manfaat.

“Jadi masyarakat tidak perlu mendaftar. Hasil verifikasi yang telah kami lakukan akan segera kita ajukan di minggu-minggu ini kepada Bupati Temanggung melalui Setda. Kalau sudah, nanti data penerima akan kita kirim ke masing-masing desa untuk kemudian pihak desa melakukan pendistribusian ke setiap rumah tangga penerima dengan dasar data penetapan,” pungkasnya. (riz)