Momen Langka, Siswa SMA di Magelang Hormat ke Merah Putih di Jalan Raya

HORMAT. Pelajar dengan sikap berdiri langsung memberikan penghormatan saat melihat merah putih dikibarkan di Makodim, Senin (12/9). (Foto ist)
HORMAT. Pelajar dengan sikap berdiri langsung memberikan penghormatan saat melihat merah putih dikibarkan di Makodim, Senin (12/9). (Foto ist)

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Kekaguman luar biasa pada sosok pemuda yang diketahui langsung memberikan penghormatan saat melihat bendera merah putih yang berkibar di jalan raya. Foto pemuda pun menjadi perhatian publik karena termasuk momen langka.

Seorang pelajar tersebut bernama Brian Caesar salah satu siswa SMAN 1 Magelang kelas XII MIPA yang ikut melaksanakan penghormatan saat upacara pengibaran bendera merah putih dilaksanakan di Kodim 0705/Magelang, Senin (12/9).

Diketahui Brian Caesar Yudho Wibowo salah satu warga Kelurahan Wates Kota Magelang tersebut, saat itu sedang mengendarai kendaraan bermotor dihentikan oleh anggota Provos Kodim 0705/Magelang bersama-sama pengendara lainya saat pengibaran bendera merah putih berlangsung.

Kebetulan Jalan A Yani yang selalu dilaluinya tepat berada di depan lapangan upacara Kodim Magelang.

“Sesuatu yang perlu diapresiasi adalah sikapnya, begitu lagu Indonesia Raya bergema tanda sang merah putih sedang dikibarkan dirinya langsung turun dari motor menghadap ke arah bendera yang sedang dikibarkan seraya melaksanakan penghormatan,”ujar Serda Slamet Mulyono saat bertugas mengambil gambar momen upacara.

Menurutnya, sikap seperti ini yang perlu dicontoh oleh generasi muda bangsa, di mana sikap cinta tanah air dan patriotisme tertanam kuat di dadanya, kapan pun dan di mana pun dirinya berada. Semoga tindakan pelajar ini dapat membuka mata hati, menjadikan tauladan bagi pelajar yang lain dan juga bagi semua.

“Sebagai warga negara yang baik kita tidak boleh melupakan jasa dan pengorbanan para pahlawan, penghormatan kepada lambang negara merupakan bentuk manivestasi penghargaan kita kepada para pahlawan serta mencerminkan rasa bangga kepada negeri tercinta Indonesia,” kata Slamet.

Salah satu anggota Bintara Penerangan Kodim 0705/ Magelang tersebut kebetulan sedang mengambil dokumen kegiatan upacara di lapangan Makodim 0705/ Magelang, sangat mengapresiasi tindakan yang dilakukan seorang siswa tersebut.

“Dengan berdiri tegak menghadap Bendera Merah putih yang sedang dikibarkan secara gerakan sigap, melakukan penghormatan dengan penuh hidmat,” ungkap Bintara Penerangan Kodim tersebut.

“Mudah mudahan jiwa nilai nilai Pancasila Brian Caesar dapat tertanam kepada teman-teman di satu kelasnya bahkan di lembaga pendidikan sekolah di wilayah Kota maupun Kabupaten Magelang,” imbunya. (hen)