Miris…Seorang Pemuda Nekat Curi Sepeda Motor untuk Angkut Rumput

PENCURIAN. Seorang pemuda, warga Gumelar Wadaslintang terpaksa harus berurusan dengan hukum lantaran melakukan pencurian sepeda motor.
PENCURIAN. Seorang pemuda, warga Gumelar Wadaslintang terpaksa harus berurusan dengan hukum lantaran melakukan pencurian sepeda motor.

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES.COM – Seorang pemuda, berinisial AY (23), warga Gumelar Wadaslintang terpaksa harus berurusan dengan hukum dan menginap di hotel prodeo. Pasalnya ia diduga kuat melakukan tindakan pencurian  sepeda motor Honda Supra Fit X di pinggir jalan di kampung Lempongsari Kaliwiro.

“Pelaku pencuri sepeda motor di dekat Pasar Kaliwiro. Kemudian dibawa pulang dan digunakan untuk mencari rumput di rumahnya,” ungkap Kasat Reskrim Polres Wonosobo, AKP Mochamad Zazid SH MH di mapolres setempat.

Menurutnya, pelaku pencurian ini mengaku tidak punya sepeda motor. Selama ini, saat membawa rumput dari kebun ke rumah menggunakan sepeda onthel. Karena tidak punya uang untuk beli sepeda motor, dia melakukan tindak pencurian.

“Pelaku pencuri sepeda motor dengan cara merusak kunci starter. Dia mencabut dan memutus kabel yang menghubungkan dengan tempat kunci. Kick starter di engkol dengan kaki dan mesin sepeda motor pun hidup,” katanya.

Niat jahat melakukan tindak pencurian, itu muncul saat pelaku berada di komplek Pasar Kaliwiro sekitar pukul 22.00 WIB. Pencurian yang dilakukan juga baru sekali itu saja karena kepepet tidak punya sepeda motor untuk mengangkut rumput.

Kebetulan saat melintas di Kaliwiro, pelaku melihat sepeda motor dan saat dicek tidak dikunci stang. Sebelumnya barang bukan miliknya itu dinaiki di jalan menurun tanpa dihidupkan mesinnya. Setelah sampai di tempat sepi mesin motor dihidupkan dan dibawa pergi,” bebernya.

“Ketika berjalan dari Pasar Kaliwiro menuju Simpang Tiga Doplak, muncul niat untuk mengambil sepeda motor bukan miliknya di pinggir jalan Lempongsari. Sepeda motor yang diparkir di pinggir jalan itu kebetulan tidak dikunci stang,” terangnya.

Sepeda motor hasil curiannya itu berhasil dibawa ke rumah pelaku. Bahkan sempat dipakai  untuk membawa rumput dari ladang ke rumahnya. Hanya saja  esok harinya, sepeda motor ternyata rusak, macet tak bisa dihidupkan mesin nya.

Artikel Menarik Lainnya :  Menyedihkan! 27 Ribu Anak di Wonosobo Tidak Sekolah

“Pelaku kemudian membawa sepeda motornya ke bengkel tidak jauh dari rumahnya. Sepeda ditinggal untuk diperbaiki mekanik. Saat pelaku pulang ke rumah, polisi sudah menunggu dan membawanya kembali ke bengkel untuk menunjukan sepeda motor hasil curian,” katanya.

Atas perbuatannya,pelaku dikenai pasal 363 ayat 1 ke-5 KUHP dengan ancaman pidana paling lama 7 tahun. Barang bukti berupa sepeda motor Honda Supra Fit X, kini diamankan untuk kepentingan proses penyelidikan. (gus)