Meski Erupsi Merapi, Ketep Pass Aman Dikunjungi

ERUPSI. Obyek Wisata Ketep Pass masih aman untuk menyaksikan aktivitas erupsi Gunung Merapi.
ERUPSI. Obyek Wisata Ketep Pass masih aman untuk menyaksikan aktivitas erupsi Gunung Merapi.

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM Erupsi Gunung Merapi Awan Panas pada Kamis tengah malam (9/3/2022) tetap menarik wisatawan datang ke Obyek Wisata Ketep Pass di Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang.

Kepala Bagian Pemasaran Wisata Ketep Pass, Edward Alfian mengatakan bahwa lokasinya aman untuk dikunjungi wisatawan di akhir pekan ini rekomendasi dari BPPTKG bahwa radius yang tidak diperkenankan beraktivitas yakni 5 km.

“Ketep Pass ini jarak dari puncak Gunung Merapi sekitar 8 km. Artinya kami masih bisa beroperasional, dan informasi dari pihak terkait lokasi kami masih aman. Paska erupsi banyak wisatawan datang yang ingin melihat kondisi terbaru merapi. Karena melihat merapi paling dekat dan paling bagus dari Ketep Pass,” ucap Edward, Minggu (13/3/2022).

Kendati sempat diguyur hujan abu vulkanik Merapi, wisata Ketep Pass di Sawangan Kabupaten Magelang aman dikunjungi, dan sudah bersih dari abu vulkanik.

“Jumat pagi setelah erupsi wilayah Ketep Pass sempat diguyur hujan air. Jadi relatif bersih. Jadi langsung bersih abunya,” terang Edward.

Edward menambahkan, tetap membuka lokasi wisata Ketep Pass pasca erupsi Gunung Merapi. Bahkan wisatawan sengaja melihat Gunung Merapi erupsi dari Ketep Pass.

“Meski Jumat mendung dan pengunjung banyak sehingga tidak bisa melihat langsung Gunung Merapi. Tetapi di Ketep Pass ada Bioskop mini, memutar film tentang letusan dahsyat Gunung Merapi 2010.

Dan Sabtu (12/3/2022) terjadi peningkatan pengunjung di Ketep Pass. Yang mungkin menjadi rutinias masyarakat jika Gunung Merapi erupsi pasti akan melihat melalui Ketep Pass karena lebih dekat. Dan tetap dibatasi sesuai aturan. Dan mengedepankan protokol kesehatan,” papar Edward.

Selain Bioskop mini juga terdapat fasilitas Museum Vulkanologi yang memiliki luas kurang lebih 550 m persegi. Di dalamnya berdiri miniatur Gunung Merapi, komputer interaktif yang berisi tentang dokumen kegunungapian beberapa contoh batu-batuan bukti letusan dari tahun ke tahun, poster puncak Garuda yang berukuran 3x3m, poster peringatan dini lahar Gunung Merapi. Dan juga beberapa foto dan poster yang menggambarkan kisah dari aktivitas Gunung Merapi.(cha).