Menyatukan Tanah dan Air dar 34 Provinsi di IKN Nusantara, Presiden Jokowi Mengapresiasi Para Gubernur

Menyatukan Tanah dan Air dar 34 Provinsi di IKN Nusantara, Presiden Jokowi Mengapresiasi Para Gubernur
Presiden Joko Widodo memimpin prosesi penyatuan tanah dan air untuk ibu kota negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser, Kalimantan Timur, yang berasal lengkap dari 34 provinsi di Indonesia Senin (14/3)/net.

KALIMANTAN TIMUR, MAGELANGEKSPRES.COM – Presiden Joko Widodo memimpin prosesi penyatuan tanah dan air untuk ibu kota negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser, Kalimantan Timur, yang berasal lengkap dari 34 provinsi di Indonesia Senin (14/3).

Jokowi mengapresiasi para gubernur yang hadir dan membawa tanah serta air yang berasal dari wilayah yang mereka pimpin masing-masing secara langsung. Namun, ada satu gubernur yang tidak bisa hadir secara langsung alias diwakili, ialah Gubernur Papua Lukas Enembe.

“Pada hari ini, Senin, 14 Maret tahun 2022 kita hadir bersama-sama di sini dalam rangka sebuah cita-cita besar dan pekerjaan besar yang akan kita segera mulai, yaitu pembangunan ibu kota nusantara,” ujar Jokowi dikutip melalui siaran langsung kanal Yuotube Sekretariat Presiden, Senin (14/3).

Jokowi menjelaskan, dirinya tidak hanya ditemani para gubernur dan atau perwakilan 34 provinsi di tanah air. Tetapi juga hadir 15 tokoh masyarakat dari wilayah Kalimantan Timur.

“Dan kita tahu, baru saja tadi tanah dan air yang dibawa oleh 34 gubernur telah kita satukan di tempat yang akan menjadi lokasi Kota Nusantara, dan saya ingin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada gubernur. Ini merupakan bentuk kebhinnekaan kita dan persatuan yang kuat di antara kita untuk membangun IKN ini,” ungkap Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga menyampaikan apresiasinya kepada unsur lembaga pemerintahan yang mau berkolaborasi untuk kelancaran proses pembangunan IKN.

“Kolaborasi TNI dan Polri swasta dan masyarakat dalam mendukung pembangunan IKN ini akan sangat membantu, agar apa yang kita cita-citkan ini akan segera terwujud,” ucapnya.

“Saya juga mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada lembaga-lembaga tinggi negara (seperti) MPR, DPR, DPD, MA, MK, BPK, KY dan seluruh komponen masyarakat dalam mendukung dimulainya pembangunan IKN Nusantara ini,” sambung Jokowi.

Lebih lanjut, mantan Walikota Solo ini menyampaikan harapan serta doanya untuk proses pembangunan IKN Nusantara.
“Mudah-mudahan, kita berdoa, semoga hidayah dan barokah dari Allah SWT memberikan kemudahan dan kelancaran bagi kita membangun IKN Nusantara ini,” tandasnya. (rmol/me)