Menuai Reaksi Keras, Sejumlah Fraksi DPR Tolak Fasilitas Isoman Hotel

Menuai Reaksi Keras, Sejumlah Fraksi DPR Tolak Fasilitas Isoman Hotel
Menuai Reaksi Keras, Sejumlah Fraksi DPR Tolak Fasilitas Isoman Hotel

JAKARTA,MAGELANGEKSPRES.COM – Fasilitas isolasi di hotel berbintang bagi anggota DPR RI menuai reaksi keras. Tak hanya dari publik. Lima fraksi di DPR RI kompak menolak fasilitas tersebut. Kelima fraksi tersebut adalah PPP, PAN, PKS, NasDem, dan Gerindra.

Seperti diketahui, fasilitas itu disampaikan Sekjen DPR RI Indra Iskandar. Dia memastikan fasilitas hotel isoman bukan program yang dianggarkan DPR. Anggaran bersumber dari dana perjalanan luar negeri yang tidak terpakai dan bersifat kontingensi. Selain untuk anggota DPR, ditujukan bagi tenaga ahli hingga staf yang terpapar COVID-19. Fasilitas itu disediakan bagi mereka yang terpapar dengan gejala ringan atau tanpa gejala.

“PPP tidak mengambil fasilitas tersebut. Meskipun secara umum fasilitas tersebut sah-sah saja dan boleh-boleh saja. Sama seperti fasilitas asuransi kesehatan untuk pejabat negara. Sifatnya pilihan bukan kewajiban,” tegas Ketua DPP PPP Achmad Baidowi di Jakarta, Rabu (28/7).

Menurutnya, untuk lokasi isolasi bagi anggota DPR bisa menggunakan Rumah Jabatan di Kalibata atau Wisma Kopo. Karena itum tidak harus di hotel mewah. “Fraksi PPP akan isoman pakai biaya sendiri,” urainya.

Hal senada disampaikan Ketua Fraksi NasDem Ahmad Ali. Dia menegaskan NasDem menolak fasilitas tersebut. Sebab, dinilai berlebihan di tengah kondisi masyarakat yang kesulitan.

“Fraksi partai-partai secara tegas menolak fasilitas isolasi mandiri di hotel bintang tiga yang diberikan kesekjenan DPR untuk anggota DPR yang terpapar positif COVID-19. Kebijakan tersebut berlebihan. Saat ini tidak sedikit masyarakat yang kesulitan memperoleh layanan kesehatan. Akan lebih tepat jika fasilitas tersebut dialokasikan untuk kalangan rakyat bawah,” jelas Ahmad Ali.

Anggota DPR sudah seharusnya berempati kepada masyarakat dengan tidak mengambil fasilitas tersebut. Dia meyakini anggota DPR bisa mengurus diri sendiri beserta keluarganya terkait isolasi mandiri.

Artikel Menarik Lainnya :  Kasus Harian Covid-19 Turun 98 Persen, Jangan Lengah Ancaman Gelombang Ketiga

Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini juag bersikap sama. Menurutnyam PKS juga menolak. “Ini harus benar-benar menimbang urgensi, prioritas, dan empati terhadap kondisi rakyat yang jauh lebih sulit dalam menghadapi wabah COVID-19 ini, Karena itu, PKS menolak fasilitas isoman tersebut,” ujar Jazuli.

Sikap serupa disampaikan Wakil Ketua Umum DPP PAN Yandri Susanto. Partainya tidak setuju dengan keputusan untuk menyediakan fasilitas isolasi mandiri di hotel bagi anggota DPR. Dia meminta fasilitas isoman tersebut harus dibatalkan.

“Keputusan Sekjen DPR yang menyediakan hotel untuk isoman para anggota DPR yang terpapar COVID-19, saya kira tidak tepat. Saya berharap ini dibatalkan,” tegas Yandri.

Menurutnya, anggaran yang diperuntukkan buat fasilitas isoman di hotel tersebut sebaiknya dialokasikan untuk masyarakat. Yandri menyebut para anggota DPR pasti mampu mengurus diri sendiri tanpa fasilitas itu. Saat ini, yang paling membutuhkan bantuan adalah masyarakat.(rh/fin)

Fasilitas Isoman Anggota DPR RI di Hotel:

1. Makan tiga kali sehari (pagi, siang, malam)

2. Laundry tiga potong baju per hari

3. Free Wi-Fi dan area parkir

4. Konsultasi dokter melalui telepon setiap hari (dari Laboratorium Amelia Clinic dan Prolepsis)

5. Kunjungan dokter 2-3 kali serta memperoleh vitamin

6. Satu kali tes PCR pada hari ke-7