Menteri Sri Mulyani Kejar Pajak Youtuber dan Artis

SRI Mulyani
Menteri Sri Mulyani Kejar Pajak Youtuber dan Artis

MAGELANGEKSPRES.COM,JAKARTA – Fenomena selebritis dan Youtuber memamerkan saldo ATM membuat Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani angkat suara. Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menegaskan tidak mempermasalahkannya, asalkan telah membayar pajak.

“Jadi bukan langsung kita mau meriksa. Setiap masyarakat kan memiliki compliance (kepatuhan) terhadap akses informasi. Jadi kalau memang Rp 1miliar itu adalah memang hasil penerimaan yang sudah bersih dari pajak ya tidak apa apa juga,” ujarnya ditemui di kawasan Depok, Jawa Barat, kemarin (27/11).

Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) Kemenkeu memproyeksikan penerimaan perpajakan menurun atau shortfall hingga akhir tahun mencapai Rp140 tahun. Angka tersebut lebih tinggi Rp30 triliun dari shortfall tahun lalu yang mencapai Rp108,1 triliun.

Berdasarkan data dari Ditjen Pajak, realisasi penerimaan pajak pada 2017 mencapai Rp1.151,12 triliun dan Rp1.313,51 triliun pada 2018. Dengan realisasi tersebut, kekurangan penerimaan pajak pada 2017 dan 2018 masing-masing mencapai Rp 127,2 triliun dan Rp 110,78 triliun.

Direktur Pemeriksaan dan Penagihan DJP, Irawan menegaskan akan melakukan pemeriksaan terhadap para artis dan Youtuber yang memiliki rekening di atas Rp1 miliar. Hal itu dilakukan sesuai dengan prosedur Undang-Undang.

“Sudah ada di DJP (list), sudah masuk ke kantor pelayanan pajak (KPP) masing-masing. Pokoknya yang di atas Rp1 miliar kita punya, memang belum semua ada datanya,” ujar Irawan.

Apabila ditemukan belum dilaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT), maka pihak Ditjen Pajak Kemenkeu tidak langsung melakukan penindakan, tetapi akan dilakukan sosialisasi.

“Kita nanti sosialisasi dulu lah. Sudah sampai KPP, tapi di KPP belum masuk semua, bertahap lah. Enggak langsung periksa tapi kita lebih ke pada cek lagi SPTnya, ada penghasilan belum dilaporkan apa gimana,” kata Irawan.

Sebelumnya, saldo ATM selebritsi dan Youtuber seperti Barbie Kumalasari, Raffi Ahmad, Ria Ricis menghebohkan publik. Di rekening mereka ada uang mulai ratusan juta rupiah hingga miliaran rupiah.

Sikap mereka itu mendapat kritikan keras dari artis senior Tamara Bleszynski. Bintang film Air Terjung Pengantin itu menilai yang dilakukan mereka sudah sangat keterlaluan.(din/fin)