Mengenang Pencipta Indonesia Raya, Dewan Kesenian Purworejo Gelar Perform Art

PERFORM. Seniman Purworejo saat tampil di ajang Festival WR Soepratman tahun 2022.
PERFORM. Seniman Purworejo saat tampil di ajang Festival WR Soepratman tahun 2022.

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.COM – Pencipta lagu Indonesia Raya, Wage Rudolf Soepratman lahir di Desa Somongari Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo, 19 Maret 119 tahun yang lalu. Bertepatan dengan hari kelahirannya itu, sejumlah seniman yang tergabung dalam Dewan Kesenian Purworejo menggelar perform art di Balai Desa Somongari.

Kegiatan itu digelar sebagai bentuk apresiasi dari DKP dan masyarakat Purworejo atas lahirnya pahlawan nasional yang juga sebagai pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya, Wage Rudolf (WR) Supratman di Desa Sumongari.

Berbagai kegiatan seni ditampilkan dalam kegiatan itu, seperti penampilan group musik Lavanya yang membawakan lagu- lagu ciptaan WR Supratman, penampilan teater dari komite sastra, dramatisasi puisi, seni tari, dan peluncuran buku antologi puisi untuk anak- anak muda Purworejo berjudul Tarian Pena Tanah Merdeka yang merangkum 27 penulis muda Purworejo.

Hadir dalam kegiatan itu, Ketua DKP Purworejo, Angko Setyarso Widodo, tokoh budayawan Purworejo, Soekoso DM, Direktur PDAM Tirtaperwitasari, perwakilan Dinas Pendidikan pemuda dan olahraga Purworejo, Muspika Kaligesing, tokoh masyarakat Desa Sumongari, dan pemdes serta masyarakat Desa Sumongari.

Tokoh budayawan Purworejo, Soekoso DM, mengatakan, dengan kegiatan itu diharapkan kedepan ada apresiasi dari masyarakat umum terhadap eksistensi monumen tempat lahirnya WR Supratman agar lebih diilhami oleh masyarakat.

“Ini sekaligus memberikan apresiasi terhadap WR Supratman sebagai salah satu pahlawan nasional dan satu- satunya komponis yang menciptakan lagu kebangsaan Indonesia Raya,” kata Soekoso.

Dengan peringatan itu, lanjutnya, sudah bisa diyakini bahwa Desa Sumongari adalah tempat  lahirnya WR Supratman.

“Partisipasi kita DKP yaitu dengan diisi Art Performance, dengan menampilkan beberapa kegiatan kesastraan, musik, teater, dramatisasi puisi lalu dari DKP sendiri baru saja menyelesaikan penyusunan penerbitan buku antologi puisi untuk anak-anak muda di Purworejo yang diber judul Tarian Pena Tanah amerdeka yang merangkum 27 penulis muda dan sudah diluncurkan bersama- sama dan suasananya menjadi lebih regeng lebih semarak dalam rangka rangkaian peringatan WR Supratman yang ke-119 ini,” ujarnya. (luk)