Memprihatinkan, 2 SD Negeri di Kota Magelang Hanya Dapat 1 Siswa dalam PPDB 2021

TAK DIMINATI. Sudah dua tahun ini SD Negeri Gelangan 7 dan SD Negeri Wates 3 , Magelang, minim peminat. (foto : IST)
TAK DIMINATI. Sudah dua tahun ini SD Negeri Gelangan 7 dan SD Negeri Wates 3 , Magelang, minim peminat. (foto : IST)

MAGELANGEKSPRES.COM, MAGELANG – Dua sekolah dasar (SD) di Kota Magelang yakni SD Negeri Gelangan 7 dan SD Negeri Wates 3, hanya memiliki satu siswa baru. Murid tersebut diterima melalui hasil Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online tahun 2021.

Sudah dua tahun ini, kedua sekolah tersebut menerima siswa dengan jumlah rombongan belajar (rombel) yang sangat sedikit. Padahal idealnya, tiap rombel diisi setidaknya 28 siswa.

”Jumlah siswa yang mendaftar sangat sedikit. Kami juga tidak tahu apa penyebabnya sehingga membuat orangtua di sekitar sini tidak mendaftarkan anaknya di SDN Gelangan 7,” kata Prapti, salah seorang tenaga administrasi SD Negeri Gelangan 7, Magelang Tengah, akhir pekan lalu kepada wartawan.

Ia menilai, hal ini terjadi bukan karena SD Negeri 7 Gelangan tak punya prestasi. Sebab, sedari dulu memang jumlah anak usia sekolah dasar di sekitar Kelurahan Gelangan hanya sedikit.

”Padahal di sekitar wilayah ini kan banyak sekolah dasar negeri dan swasta lainnya. Dugaan kami jumlah anak usia sekolah dasar saat ini berkurang,” ujarnya.

Dia menyebutkan, PPDB tahun ajaran 2021/2022 sudah ditutup sejak pertengahan Mei 2021 lalu. Namun, meski sudah dibuka selama dua gelombang, pendaftarnya hanya ada dua anak saja.

”Satu siswa mendaftar melalui PPDB online dan seorang lainnya mendaftar langsung,” imbuhnya.

Tahun lalu, lanjut Prapti, siswa yang mendaftar di SD Negeri Gelangan 7 pun hanya 4 anak. Meski begitu, guru tetap mengajar seperti biasanya secara daring.

”Biarpun hanya 4 anak, kami tetap berikan pengajaran seperti biasanya. Kami hanya berusaha untuk mengajar dan mendidik kepada siswa dengan semaksimal mungkin,” tuturnya.

Ia menambahkan, saat ini, jumlah guru di SDN Gelangan 7 berjumlah 10 orang. Terdiri dari guru kelas 6 orang dan 4 guru mata pelajaran.

Artikel Menarik Lainnya :  Walikota Magelang Serahkan BST Rp 2 Juta pada 67 KPM

Tidak hanya di SD Negeri 7 Gelangan, yang minim pendaftar, kejadian serupa juga dialami SD Negeri Wates 3 Magelang Utara. Berdasarkan data PPDB online tahun 2021, SD Negeri yang berada di Jalan Urip Sumoharjo itu hanya menerima 1 siswa pendaftar saja pada tahun ajaran ini.

Memang, sebagian besar SD negeri di Kota Magelang menerima siswa peserta PPDB Online kurang dari kuota yang ditetapkan. Hal itu juga terhadi di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) swasta, bahkan ada yang sama sekali tidak menerima peserta PPDB, seperti SMP Kristen Indonesia dan SMP Bhakti Tunas Harapan. (wid)