Memasuki Usia 20 Tahun, Perjalanan Unimma FM Antar Lintas Generasi

ULANG TAHUN. Tanggal 19 Maret 2021, menjadi hari sakral bagi Unimma FM karena telah menginjak usia 20 tahun.

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – Radio Unimma FM genap berusia 20 tahun 19 Maret 2021. Radio yang bermarkas di Kampus Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) itu telah merasakan perubahan era dan perkembangan teknologi, di saat radio masih menjadi primadona, hingga sekarang yang sudah memasuki era teknologi digital.

Direktur PT Radio Unimma Affan Rifai menjelaskan sejarah panjang siaran radionya itu bermula. Pada tahun 2001, siaran uji coba perdana dimotori oleh beberapa aktivis mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Magelang. Mahasiswa terus mendesak para tokoh kampus agar memiliki radio siaran swasta.

”Beberapa aktivis mahasiswa mempunyai keinginan besar mewujudkan stasiun radio, terutama Ikatan Mahasiswa muhammadiyah (IMM). Dengan dukungan dari Senat mahasiswa, dan eleman UKM lain seperti Menwa, Teater Fajar, akhirnya radio ini resmi mengudara untuk pertama kalinya,” kata Affan.

Bukannya tanpa halangan, Radio Unimma sempat mengalami masa-masa sulit. Betapa tidak, saat itu Radio Unimma hanya memiliki modal sebesar Rp35 juta.

”Masalah penamaan juga alot waktu itu. Banyak usulan seperti Suara UMM, UMM FM, radio kampus (RAKA), UMM Radio, dan Unimma FM. Silang usulan ini kemudian dicetuskan bernama Unimma FM,” jelasnya.

Kaprodi Teknik Industri Unimma tersebut menuturkan, begitu panjang perjalanan sejarah yang dialami perusahaan radionya. Menurut Affan, di awal tahun 2000an radio menjadi media informasi dan hiburan utama di samping televisi. Sebab, internet baru bisa diakses melalui komputer atau laptop dengan jaringan kabel LAN.

”Handphone saat itu hanya bisa digunakan untuk telepon dan SMS, teknologi HP paling canggih saat itu baru mencapai teknologi ringtone polyphonic. Masih jarang HP yang mampu memutar musik MP3, apalagi mengakses mengakses internet, youtube, dan sosmed seperti saat ini,” katanya.

Artikel Menarik Lainnya :  Harapan Walikota Magelang, Gelora Sanden Bisa Berikan Kontribusi Positif bagi Olahraga dan PAD

Hal ini membuat radio mampu menjadi sosial media generasi saat itu. Lewat radio, pendengar bisa berinteraksi, tegur sapa, atau meminta pemutaran lagu-lagu.

”Majunya Radio Unimma ini tidak lepas dari peran setiap generasi yang menggawanginya. Setiap mahasiswa maupun profesional yang bergabung di Unimma FM selalu memberikan kontribusinya,” jelasnya.

Memasuki usia ke-20 tahun Unimma FM, kata Affan, berkomitmen terus menguatkan eksistensi sebagai media penyiaran yang mampu mengikuti setiap perkembangan dan perubahan teknologi. Konvergensi media merupakan satu langkah yang telah diwujudkan oleh Radio Unimma FM dengan mengelola website, sosial media, dan radio streaming. (wid)