Mau Ikut? Pendaftaran Kompetisi Pelajar Indonesia “MONACO 2022” Resmi Dibuka

Mau Ikut? Pendaftaran Kompetisi Pelajar Indonesia MONACO 2022 Resmi Dibuka

YOGYAKARTA, MAGELANGEKSPRES.COM – PWMU.CO MONACO atau Moehi National Competition merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Tahun 2022 merupakan tahun yang ke-7 dalam penyelenggaraan event nasional ini. Menurut Ketua tim guru pendamping kegiatan Hadiid Sulaiman, S.Pd acara ini merupakan serangkaian lomba yang ditujukan kepada siswa/i SMP dan SMA sederajat dari seluruh penjuru Indonesia. Diharapkan MONACO 2022 ini bisa menjadi ajang dan wadah bagi para pelajar di seluruh Indonesia untuk mencapai titik kejayaannya sebagai seorang generasi muda sekaligus generasi penerus bangsa. Tahun 2022 ini MONACO diselenggarkan secara gabungan dengan konsep online-offline. Pada tahun 2021 lalu MONACO berhasil mengadakan berbagai macam lomba dengan total 1700 peserta jenjang SMP/SMA sederajat dari seluruh Indonesia. Tema MONACO tahun 2022 ini adalah “Embrace The Magic of Infinity”

“MONACO 2022 ini ditargetkan diikuti minimal 1200 pelajar dari seluruh Indonesia. Ada 17 cabang lomba yang bisa diikuti oleh peserta. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 10 Agustus 2022 – 25 September 2022. Lomba akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2022” papar Hadiid Sulaiman. Adapun berbagai lomba itu diantaranya adalah : olimpiade matematika, dai muda, story telling, debat Bahasa Indonesia, olimpiade IPS, fotografi, olimpiade IPA, speech contest, qiroah, saritilawah, short movie, story telling, tapak suci tunggal dan beregu, MLBB, basket, kompetisi band dan lomba cipta puisi.

Lomba ini memperebutkan hadiah jutaan rupiah dan tropy bergilir dari Kemendikbudristek RI, Kemenpora RI dan Pimpinan Pusat Muhammadiyah. “Untuk menyiapkan SDM yang unggul di era industri 4.0 SMA Muhi telah memberikan wadah kompetisi yang positif bagi para pelajar untuk berkarya dan meraih prestasi. Adanya MONACO ini juga dapat sebagai wadah untuk menguatkan tali silaturrahim dan membiasakan tradisi kompetisi bagi para pelajar Indonesia.” papar drs H Herynugroho, M.Pd selaku kepala sekolah.

Kepala sekolah juga menyampaikan bahwa Kompetisi MONACO 2022 yang diikuti oleh peserta dari berbagai daerah akan sangat bermanfaat untuk seorang pelajar. Mengutip pernyataan dari Craig Dike seorang ahli psikolog klinis di Doctor on Demand San Francisco USA menyatakan bahwa sebuah kompetisi dapat mendorong segala spesies untuk bisa bertahan hidup, dan kondisi ini akan mendorong evolusi secara biologis dan psikologis. “Kompetisi memang sangat diperlukan di dalam hidup agar kita terus maju ke depan menciptakan berbagai inovasi yang menakjubkan. Kompetisi juga bermanfaat untuk meningkatkan kinerja otak dan produktivitas kita dalam belajar. Terakhir, kompetisi juga melatih kita untuk memiliki jiwa sportivitas dan memiliki kepekaan sosial yang tinggi” pungkasnya.

Bagi calon peserta lomba bisa membaca petunjuk teknis dan mendaftarkan diri secara online melalui https://monaco.smumuhi-yog.sch.id/ dan untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi 088983875341 (Zahira Pramudita) atau 085714930659 (Abdurrahman Nabil Hasan). Panitia juga menerima berbagai macam bentuk kerjasama dan media pathner untuk mendukung kesuksesan acara ini.(rls)