Masyarakat Penerima Bantuan Langsung dari Kelompok Lansia di Temanggung Butuh Tempat Khusus

TUNGGU. Salah satu penerima bantuan sedang menunggu giliran di halaman Kantor Pos Temanggung, Selasa (1/3).(foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres)
TUNGGU. Salah satu penerima bantuan sedang menunggu giliran di halaman Kantor Pos Temanggung, Selasa (1/3).(foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres)

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.COM – Masyarakat penerima bantuan langsung berharap pemerintah bisa menyediakan tempat khusus bagi penerima yang sudah lanjut usia (lansia) dan disabilitas.

Sukarsiah (73) warga kelurahan Maron Sidorejo Temanggung menuturkan, setiap kali menerima bantuan harus mengambil ke kantor pos, padahal jarak kantor pos dengan rumahnya sekitar 3 kilometer.

“Alhamdulillah masih dapat bantuan, meskipun harus mengambil langsung ke sini (kantor pos),” tuturnya, Selasa (1/3), saat mengantre di Kantor Pos Temanggung.

Menurutnya, saat akan mengambil bantuan, dirinya harus berdesak-desakan dengan masyarakat lainnya, yang usainya lebih muda dan kondisinya jauh lebih sehat.

Sehingga kadang ia harus datang jauh lebih awal, dengan harapan bisa lebih cepat menerima bantuan. Namun pada kenyataannya, saat sampai di Kantor Pos sudah banyak masyarakat yang menunggu.

“Biasanya naik angkot ke sininya, karena memang tidak ada yang mengantar,” ujarnya.

Ia berharap ke depan saat pencairan dana bantuan seperti ini, pemerintah bisa memberikan fasilitas khusus bagi penerima bantuan yang sudah lanjut usia.

“Saya ini kan sudah tua, jalan saja memang sudah susah, apalagi saat ini kaki saya sedang sakit,” ucapnya.

Ahmad (47) warga lainnya berharap, pemerintah sebenarnya bisa memberikan bantuan ini dengan berbagai cara, bagi warga usia lanjut seharusnya tak perlu mengantre. Penerima bantuan dengan usia lanjut bisa diantar ke rumah.

“Pemerintah mempunyai kepanjangan tangan hingga ke desa dan RT, saya yakin pemerintah juga lebih paham masyarakat yang akan menerima bantuan, kalau yang penerimanya lansia dan disbilitas itu sebaiknya diantar kerumah,” tuturnya.

Memang bagi penerima bantuan yang masih usia muda dan tidak mengalami kendala kesehatan apapun, bisa mengambil sendiri ke tempat-tempat yang ditunjuk pemerintah untuk menyalurkan bantuan, namun bagi masyarakat yang mempunyai kebutuhan khusus harus dibedakan.

“Memang harus ada pelayanan khusus, karena usia ataupun kesehatan yang sedang dialami oleh warga,” harapnya.(set)