Masyarakat Diminta Jangan Pilih-pilih Vaksin

VAKSIN. Salah satu petugas kesehatan sedang menunjukkan vaksin Covid-19. (foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres)
VAKSIN. Salah satu petugas kesehatan sedang menunjukkan vaksin Covid-19. (foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres)

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.COM – Pemerintah Kabupaten Temanggung meminta agar masyarakat tidak memilih-milih jenis vaksin Covid-19, karena semua jenis vaksin sudah melalui proses uji klinik.

Sekretaris Dinas Kesehatan Temanggung Dwi Sukarmei mengatakan, semua vaksin yang didistribusikan ke Temanggung sudah melalui uji klinis dan uji laboratorium. Oleh karena itu masyarakat jangan terlampau khawatir dengan vaksin Covid-19 yang diberikan.

“Saya sangat yakin, semua jenis vaksin yang masuk ke Temanggung khususnya dan daerah lain sudah melalui uji klinis yang ketat,” jelasnya, Jumat (6/8).

Dikatakan, apapun jenis vaksin Covid-19 sebelum didistribusikan dan diberikan kepada masyarakat, adalah sama-sama vaksin untuk mencegah dan memberikan kekebalan terhadap virus corona.

“Semua jenis vaksin Covid-19 adalah sama fungsi dan manfaatnya, prosedur dan prosesnya juga sama,” tuturnya.

Ia berharap, masyarakat di Kabupaten Temanggung untuk menerima vaksin Covid-19, apapun itu jenis vaksinnya semua bertujuan sama. Sedangkan terkait dengan rentan waktu pelaksanaan vaksin tahap pertama hingga tahap kedua juga sudah dilakukan sesuai dengan prosedur dan aturan yang ada.

“Memang ada yang jarak anatar tahap pertama dan kedua lama, tapi kami memastikan meskipun jarak waktunya lama, stok vaksin untuk tahap kedua pasti ada,” tukasnya.

Ia menambahkan, terkait dengan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Temanggung sendiri lanjutnya, ke depan pihaknya akan menambah petugas saat dilakukan vaksinasi.

Petugas ini katanya, akan mengatur dan memantau masyarakat yang akan menerima vaksin, sehingga mereka tetap melakukan dan menjalankan prokes dengan baik.

“Dengan adanya petugas seperti ini prokes saat pelaksanaan vaksinasi bisa lebih disiplin,” katanya.

Sebelumnya dikatakan, pencapaian vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Temanggung saat ini 15,19 persen, meliputi tenaga kesehatan, pelayan publik, usia lanjut, masyarakat umum dan rentan, dan remaja.

Artikel Menarik Lainnya :  Dapatkan Promo Paket Pemeriksaan Up to 34 Persen hanya di Pramita Lab Magelang

Dwi menyebutkan untuk target tenaga kesehatan dari target 3.908 orang sudah hampir tercapai 100 persen, kemudian pelayanan publik dari target 47.527 orang tercapai sekitar 60 persen, usia lanjut dari target 84.783 orang tercapai 30 persen.

Selanjutnya untuk masyarakat rentan dan umum dari target 417.908 orang baru mencapai 1,41 persen dan remaja usia 12-17 tahun dari target 71.205 orang baru tervaksin 0,46 persen. (set)