Masih Pandemi, Haul Syekh Subakir Diadakan Sederhana

ZIARAH. Wakil Walikota Magelang KH Mansyur pimpin doa bersama di makam petilasan Syekh Subakir, Gunung Tidar, untuk memperingati wafatnya tokoh syiar Islam tersebut, kemarin. (foto : IST/magelang ekspres)
ZIARAH. Wakil Walikota Magelang KH Mansyur pimpin doa bersama di makam petilasan Syekh Subakir, Gunung Tidar, untuk memperingati wafatnya tokoh syiar Islam tersebut, kemarin. (foto : IST/magelang ekspres)

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Meski masih dalam suasana pandemi Covid-19, Pemkot Magelang tetap menggelar haul atau tradisi peringatan hari wafatnya Syekh Subakir di makam Syekh Subakir di Kebun Raya Gunung Tidar Kota Magelang, Jumat (10/9). Karenanya, peringatan tahunan tersebut dilaksanakan secara sederhana dan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

Diawali dengan khataman (khotmil) Alquran dan doa bersama untuk arwah salah satu tokoh atau ulama yang berpengaruh dalam sejarah Islam di Kota Magelang itu, haul berlangsung khidmat.

Khataman Alquran dipimpin langsung oleh Wakil Walikota Magelang KH M Mansyur, diikuti oleh santri Pondok Pesantren Sirajul Huda dan Tidar Dudan. Turut hadir Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Kota Magelang Gunadi Wirawan, dan Kepala Bagian Kesejahteraan (Kesra) Hadi Sutopo.

Mansyur mengatakan, dalam rangka haul Syekh Subakir tahun ini, pemerintah menggelar khotmil Alquran di makam Syekh Subakir. Mereka berdoa agar Pemkot Magelang dan masyarakat mendapat ridho dan barokah dari Allah SWT.

”Semoga Allah SWT mencurahkan rahmat dan kasih sayang-Nya. Hidup rukun, kondusif, tentram, sehat dan bahagia,” katanya.

Kepala Bagian Kesra Hadi Sutopo menerangkan, haul Syekh Subakir merupakan wujud penghormatan kepada Syekh Subakir sebagai seorang ulama yang telah mensyiarkan agama Islam di tanah Jawa.

”Kegiatan ini juga sebagai wujud ikhtiar untuk mendoakan masyarakat Kota Magelang dan aparatur Pemkot Magelang agar mendapatkan keselamatan dan ketentraman dalam kehidupan,” jelas Hadi.

Hadi menambahkan, haul Syekh Subakir sudah dilaksanakan sejak tahun 2018 dan 2019. Tahun 2020 dan 2021 ini dilangsungkan secara sederhana karena pandemi Covid-19.

”Seperti tahun 2020 lalu, tahun ini haul kita laksanakan sederhana, yakni doa dan khataman Alquran di makam Syekh Subakir. Kalau tahun 2018 dan 2019 lalu haul berlangsung ramai, selain khataman, juga pengajian yang diikuti oleh masyarakat umum,” ujarnya. (wid)

Artikel Menarik Lainnya :  SMK Citra Medika Terpilih Jadi Sekolah Pusat Keunggulan