Masih Level 4, PTM di Kota Magelang Ditunda Lagi

DARING. Salah seorang siswa SMA mengikuti pembelajaran daring melalui ponsel pintarnya, karena pada PPKM level 4 di Kota Magelang.(foto : ist/magelang ekspres)
DARING. Salah seorang siswa SMA mengikuti pembelajaran daring melalui ponsel pintarnya, karena pada PPKM level 4 di Kota Magelang.(foto : ist/magelang ekspres)

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM– Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Magelang masih menunda lagi rencana pembelajaran tatap muka (PTM), menyusul level pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) masih di level tertinggi hingga kini.

Sebelumnya diagendakan bahwa Senin (7/3) PTM mulai diberlakukan di jenjang SD-SMP. Akan tetapi, status level 4 tidak kunjung berubah.

“Setelah dikomunikasikan dengan Satgas Covid-19 maka disepakati kalau PTM di Kota Magelang belum bisa digelar,” kata Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Joko Budiyono, kemarin.

Kebijakan penundaan PTM ini, katanya, setelah mempertimbangkan penyebaran Covid-19 yang sangat cepat. Bahkan di semua kecamatan.

“Jadi untuk mencegahnya, PTM untuk sementara ditunda, sampai PPKM level kita turun lagi,” ujarnya.

Plt Kepala Disdikbud Kota Magelang, Papa Riyadi menjelaskan, PTM ditunda sejak dua pekan lalu, karena banyaknya penyebaran Covid-19 di sekolah.

“Saat PTM 50 persen kemarin, beberapa sekolah terpaksa dihentikan karena ada penularan. Sekarang ini, demi menjaga, jadi terpaksa ditunda. Menunggu arahan lebih lanjut,” terangnya.

Selain itu, pihaknya juga meminta seluruh sekolah agar menerapkan kebijakan work from home (WFH) dan work from office (WFO) bagi tenaga pendidikan dan tenaga kependidikan.

“Intinya agar tidak semua guru dan karyawan sekolah itu datang dalam satu waktu. Ada pembagian shift secara bergantian, WFH dan WFO, sesuai Instruksi Walikota (Inwal),” tuturnya. (wid)