Masih Level 4, Kota Magelang Belum Bisa PTM

TUNDA. Sekda Joko Budiyono memastikan PTM di Kota Magelang akan ditunda sebelum adanya penurunan level PPKM. (foto : wiwid arif/magelang ekspres)
TUNDA. Sekda Joko Budiyono memastikan PTM di Kota Magelang akan ditunda sebelum adanya penurunan level PPKM. (foto : wiwid arif/magelang ekspres)

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COMPemkot Magelang masih menunda rencana pembelajaran tatap muka (PTM). Pasalnya, kota seluas 18,53 kilometer persegi ini masih harus melanjutkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Magelang, Joko Budiyono mengatakan, dengan status level 4 maka PTM belum dapat digelar. Menurutnya, terlalu banyak risiko jika peserta didik diharuskan datang ke sekolah.

“Masih level 4, sehingga PTM belum akan digelar. Meski secara umum, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di Kota Magelang telah divaksin 100 persen,” katanya, kemarin.

Ia mengatakan, sekolah negeri baik SD maupun SMP belum mampu menggelar simulasi belajar tatap muka. Mereka bakal melakukan evaluasi terlebih dahulu perihal kesiapan.

“Kita segera lakukan evaluasi terlebih dahulu kesiapan sekolah, setelah itu kita gelar simulasi belajar tatap muka,” jelasnya.

Pihaknya ingin melihat kesiapan sekolah menggelar belajar tatap muka. Dengan demikian, ketika Kota Magelang sudah turun level, pembelajaran tatap muka secara terbatas bisa langsung digelar.

“Sekarang sekolah-sekolah sudah mempersiapkan diri melengkapi fasilitas mendukung protokol kesehatan. Jadi kita lihat seperti apa kondisi perkembangan Covid-19 di Kota Magelang,” ujarnya.

Dirinya menyakini seluruh sekolah di Kota Magelang sebenarnya telah siap jika menggelar tatap muka terbatas. Hanya saja, kesiapan tersebut terganjal status Kota Magelang yang masih menerapkan PPKM Level 4.

“Beberapa daerah di sekitar sudah mulai menggelar simulasi dan tatap muka terbatas karena memang levelnya sudah turun. Tapi untuk di sini masih harus menunggu instruksi dari pemerintah pusat. Kita berusaha, mulai 6 September sudah turun level,” pungkasnya. (wid)

Artikel Menarik Lainnya :  Alhamdulillah, Kota Magelang Borong 5 Penghargaan Top BUMD Awards 2021