Mas Bram Ingatkan Tantangan Kebangsaan Semakin Komplek

Bramantyo Suwondo, anggota Komisi 10 DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat dalam Sosialisasi 4 Pilar MPR di Temanggung, Kamis, 8 April 2021.
SOSIALISASI. Bramantyo Suwondo, anggota Komisi 10 DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat dalam Sosialisasi 4 Pilar MPR di Temanggung, Kamis, 8 April 2021.

MAGELANGEKSPRES.TEMANGGUNG-Tantangan kebangsaan semakin hari semakin kompleks dan dibutuhkan ikhtiar bersama untuk menghadapinya. Datangnya pandemi Covid-19, rentetan bencana alam yang terjadi secara beruntun akhir-akhir ini tidak boleh membuat kita hanya sibuk untuk saling menyalahkan. “Persoalan kebangsaan apapun itu seharusnya menguatkan kita sebagai bangsa,” ungkap Bramantyo Suwondo, anggota Komisi 10 DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat dalam Sosialisasi 4 Pilar MPR di Temanggung, Kamis, 8 April 2021.
Legislator dari Dapil Jateng 6 yang meliputi Kota Magelang, Magelang, Purworejo, Wonosobo dan Temanggung menyebutkan kedaulatan di tangan rakyat sebagai perwujudan demokrasi sebagai sistem bernegara sebagaimana yang termaktub di dalam konstitusi harus terus dirawat, dikuatkan. Rakyat memiliki peran untuk mengawal arah demokrasi supaya tidak melenceng, tidak mudah dibajak, diselewengkan oleh kepentingan-kepentingan tertentu. Rakyat harus mendapatkan ruang kebebasan untuk mengawal arah perjalanan bangsa. “Tentunya sikap kritis harus tetap disampaikan dengan cara yang santun dan bertanggungjawab,” ujar Mas Bram, sapaan pria asal Purworejo, Jawa Tengah tersebut.
Kegiatan Sosialisasi 4 Pilar MPR ini merupakan kegiatan sosialisasi yang ke-8 kali, sejak Mas Bram dilantik sebagai anggota MPR periode 2019-2024. Dalam konteks kebhinnekaan, Mas Bram mengingatkan bahwa keberagaman suku bangsa, bahasa, budaya adalah aset bangsa yang sangat berharga. Perbedaan ini jangan sampai menjadi sumber perpecahan, tetapi keragaman adalah anugerah Tuhan, harus menjadi kekuatan bukan perpecahan.
Lemahnya rasa kebangsaan dan jiwa patriotisme akan menjadi celah masuknya gerakan yang mengganggu keutuhan negara. Mengajak masyarakat bisa bersama-sama turut menyampaikan apa yang diperoleh dari kegiatan sosialisasi ini kepada lingkungan sekitarnya agar nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika bisa bersama-sama diamalkan dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari.
Sebagai anggota DPR/MPR RI, Mas Bram juga memaparkan program-program aspirasi melalui kementerian terkait yang sudah disalurkan kepada masyarakat Dapil Jawa Tengah VI selama tahun 2020. Diantaranya menyalurkan bantuanPIP (Program Indonesia Pintar), Bidikmisi (KIP Kuliah), alat pertanian (handtractor & mesin pompa air), sarana prasarana olahraga, bimtek kepariwisataan dan lainnya. (rls)

Artikel Menarik Lainnya :  Alhamdulillah, Produktivitas Kopi Robusta Temanggung Tahun ini Meningkat