Malam Resepsi HPN di Purworejo Angkat Semangat Soliditas Pewarta

PUNCAK HPN. Malam Resepsi menjadi puncak peringatan HPN Tahun 2022 Pewarta Purworejo di Sulthan Kopi & Eatery Purworejo,(Foto: eko)
PUNCAK HPN. Malam Resepsi menjadi puncak peringatan HPN Tahun 2022 Pewarta Purworejo di Sulthan Kopi & Eatery Purworejo,(Foto: eko)

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.COM – Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2022 Tingkat Kabupaten Purworejo dipuncaki dengan Malam Resepsi di Sulthan Kopi & Eatery Purworejo,  Rabu (9/2) malam. Kendati digelar sederhana, acara tersebut dinilai mampu mengangkat kembali semangat soliditas para wartawan yang tergabung dalam Pewarta Purworejo.

Resepsi berlangsung dengan undangan terbatas dan tetap menerapkan protokol kesehatan. Selain anggota Pewarta Purworejo, Plt Kepala Dinas Kominfostasandi Stephanus Aan Isa Nugroho SSTP MSi mewakili Bupati yang berhalangan hadir.

Sejumlah pejabat, Direktur Perumda, dan politisi tampak duduk di deretan kursi depan. Beberapa di antaranya yakni Dandim 0708 Lukman Hakim SSos MSi, Wakil Ketua DPRD Yophi Prabowo SH dan Kelik Susilo Ardani SE MAP, serta dua anggota DPRD M Abdullah, dan Eko Januar Susanto.

Dua mantan wartawan yang kini memimpin lembaga penyelenggara Pemilu yakni Dulrohim (Ketua KPU) dan Nur Kholiq (Ketua Bawaslu) pun turut hadir memenuhi undangan panitia.

Meski sederhana, acara berlangsung meriah dengan hiburan yang disajikan oleh para siswa dari 2 sekolah. Hiburan sesi pertama menampilkan duet gitar oleh 2 siswa SMPN 2 Purworejo yang memenangi Gold Medal FLS2N tingkat Nasional tahun 2021, Prabandaru dan Andriana Sondang. Kemudian grup dance Vinis Box SMAN 1 Purworejo tampil membawakan tarian  bernuansa energik pada sesi kedua.

Ketua HPN Tahun 2022 Pewarta Purworejo, F Daniel Raja Here, dalam sambutannya menyebut Malam Resepsi merupakan puncak dari rangkaian kegiatan HPN Tahun 2022 tingkat Kabupaten Purworejo yang diselenggarakan oleh Pewarta Purworejo. Rangkaian kegiatan diawali dengan Bakti Sosial pemberian bantuan paket sembako kepada warga kurang mampu dan santunan anak yatim pada 5 Februari. Kegiatan berikutnya yakni Anjangsana keluarga Pewarta Purworejo serta Ziarah Tokoh Pers pada 7 Februari.

Menurutnya, HPN Tahun 2022 ini menngangkat tema “Menguatkan Soliditas Pewarta Purworejo Menuju Pers Maju dan Bermartabat”. Pemilihan tema tersebut merupakan sebuah semangat sekaligus harapan bagi insan pers, khususnya yang bertugas di wilayah Kabupaten Purworejo, agar semakin profesional dan independen.

“Sehingga dapat menjalankan tugas-tugas kewartawanan dengan baik, serta menghasilkan karya-karya jurnalistik yang berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan,” sebutnya.

Ketua Pewarta Purworejo Jarot Sarwo Sambodo menyampaikan sambutan dengan mengenang teman-teman Pewarta yang sudah berpulang. Adapun kilas balik pers disampaikan wartawan senior Ahmad Nas Imam.

Stephanus Aan dalam sambutannya mengapresiasi 3 poin utama yang diangkat pada tema HPN, yakni soliditas, maju, dan bermartabat. Menurutnya, soliditas Stidak hanya antaranggota Pewarta, melainkan juga dengan masyarakat dan pemerintah. Pada poin maju, Aan menilai pers saat ini harus kompetitif mengikuti perkembangan zaman.

“Sedangkan bermartabat yakni berkaitan dengan perilaku individu,” kata Aan.

Pihaknya juga mengungkapkan bahwa 3 poin tersebut juga sejalan dengan isu HPN tahun 2022 tingkat nasional, yakni tentang lingkungan, masa depan wartawan, dan perkembangan Iptek.

Aan menegaskan, untuk menuju pers maju dan bermartabat, ada tiga pilihan, yakni inovasi atau mati, digital atau tertinggal, serta kolaborasi atau tersendiri.

“Menuju Purworejo berdaya saing 2024, maka kita membuka peluang berkolaborasi,” tandasnya.

Malam Resepsi HPN diakhiri dengan prosesi pemotongan oleh jajajran Forkopimda dan pengurus Pewarta Purworejo.(top)