Mal-mal Mulai Dibuka, PPKM Level 4 Kembali Diperpanjang Selama 7 Hari

PPKM di perpanjang hingga 16 Agustus 2021 (foto: Foto: fajar.co.id)
PPKM di perpanjang hingga 16 Agustus 2021 (foto: Foto: fajar.co.id)

JAKARTA, MAGELANGEKSPRES.COM – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 kembali diperpanjang. Perpanjangan dilakukan selama 7 hari ke depan. Tepatnya hingga 16 Agustus 2021 mendatang. “Sesuai arahan presiden, PPKM level 4, 3, 2, akan diperpanjang hingga 16 Agustus 2021,” ujar Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, melalui siaran langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (9/8) malam.

Sebelumnya, PPKM level 4 ini sudah diterapkan pada 21 Juli hingga 2 Agustus 2021 lalu. Kemudian diperpanjang lagi sampai 9 Agustus 2021. Ada 141 kabupaten/kota di Indonesia yang menerapkan PPKM level 4. Salah satunya DKI Jakarta.

Luhut menegaskan keputusan memperpanjang PPKM ini sudah mempertimbangkan masukan para ahli. Dia menyebut Presiden Joko Widodo adalah panglima tertinggi penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia. Luhut dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto ditugasi memegang komando wilayah.

Menurut Luhut, ada perbedaan evaluasi di Jawa – Bali dan luar Jawa Bali. “Penanganan di luar Jawa Bali tidak bisa serta merta dibandingkan dengan Jawa Bali. Tantangan di luar Jawa Bali lebih besar dibanding di Jawa Bali. Evaluasi PPKM di Jawa Bali dilakukan setiap 1 kali seminggu. Untuk luar Jawa Bali dilaksanakan 1 kali dalam 2 minggu,” terangnya.

Sebelum menggunakan istilah PPKM per level, kebijakan pembatasan kegiatan menggunakan istilah PPKM darurat yang diterapkan pada periode 3 hingga 20 Juli 2021.

Selama itu pula, dilakukan ujicoba pembukaan mal atau pusat perbelanjaan di sejumlah wilayah PPKM level 4. Yaitu di Jakarta, Bandung, Surabaya dan Semarang. Kapasitas yang diizinkan hanya 25 persen.

Namun, tak semua boleh masuk mal. Anak di bawah 12 tahun dan di atas 70 tahun dilarang masuk mal. “Pemerintah akan melakukan uji coba pembukaan secara gradual untuk mal, pusat perbelanjaan di wilayah dengan level 4. Tentu dengan memperhatikan protokol kesehatan,” ujar kata  Luhut Binsar Pandjaitan.

Artikel Menarik Lainnya :  Mantan Relawan COVID-19 Buka Bisnis Sertifikat Vaksin Palsu

Mal-mal tersebut akan dibuka dengan kapasitas 25 persen selama 1 minggu. Ujicoba pembukaan mal dilakukan di empat kota besar. Yakni Jakarta, Bandung, Surabaya dan Semarang.

Warga yang hendak masuk mal wajib sudah divaksinasi COVID-19. Selain itu, warga juga harus menggunakan aplikasi pedulilindungi untuk menunjukkan bukti telah divaksin. “Hanya mereka yang sudah divaksinasi dapat masuk ke mal. Mereka harus menggunakan aplikasi pedulilindungi,” imbuhnya.

Dalam proses ujicoba ini, anak di bawah 12 tahun dan dewasa di atas 70 tahun dilarang masuk ke mal ataupun pusat perbelanjaan lainnya. Selama penyesuaian dalam PPKM level 4 ini, semua pengunjung harus mengutamakan prokes secara ketat. (rh/fin)