Luapan Lumpur Tutup Jalan Kyai Arof Windusari Magelang, Bahayakan Pengguna Jalan

LUMPUR. Pembersihan lumpur di Jalan Kyai Arof Windusari akibat hujan deras hingga meluap Sungai Clapar.
LUMPUR. Pembersihan lumpur di Jalan Kyai Arof Windusari akibat hujan deras hingga meluap Sungai Clapar.

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Hujan deras yang mengguyur wilayah Windusari Kabupaten Magelang Kamis (17/3/2022) malam hingga Jumat (18/3/2022) dini hari mengakibatkan Sungai Clapar banjir. Hal itu menyebabkan selokan yang berasal dari sungai ini meluap, ditambah luapan dari selokan lain yang mengakibatkan material lumpur menutup jalan.

Luapan lumpur menutup Jalan Kyai Arof di Km 1 sepanjang lebih kurang 500 meter. Kondisi ini membahayakan pengguna jalan terutama pengendara roda dua. Melihat hal itu personel Organisasi Pengurangan Resiko Bencana (OPRB) Windusari meminta bantuan Damkar WMK Bandongan, Jumat (18/3/2022) pagi.

Sebanyak tujuh personel Damkar WMK Bandongan sekitar pukul 08.00 WIB datang ke lokasi. Para petugas pun langsung melaksanakan aksi pembersihan lumpur yang menutup jalan utama tersebut.

“Lumpur ini segera kami bersihkan agar pengguna jalan dapat nyaman melintas,” ucap salah satu petugas Damkar.
Budiyarsih.

Sementara Babinsa Windusari Serma M. Rofiqin yang turut terjun ke lokasi mengungkapkan, hujan lebat Kamis malam hingga Jumat dini hari mengakibatkan semua selokan meluap. Termasuk saluran air yang berhulu di bendungan Sungai Clapar juga mengalirkan lumpur akibat sungai tersebut banjir.

“Dari pertemuan beberapa selokan dengan debit air tinggi, maka lumpur meluap hingga menutup badan Jalan Kyai Arof di kilometer satu,” terang anggota Koramil 04/Windusari Kodim 0705/Magelang ini.

Pembersihan lumpur oleh petugas Damkar, personel OPRB Windusari, dibantu Babinsa Windusari dan warga setempat berjalan lancar. Jalan raya pun kembali nyaman dan aman dilintasi pengguna jalan.(cha)