Longsor di Kaliangkrik Rusak 3 Rumah Warga , 4 Orang Luka-luka

Longsor di Kaliangkrik Rusak 3 Rumah Warga , 4 Orang Luka-luka
LONGSOR. Kondisi kerusakan akibat tanah longsor di Dusun Prampelan I, Desa Adipuro, Kecamatan Kaliangkrik.

MAGELANGEKSPRES.COM, MAGELANG – Bencana tanah longsor terjadi di Dusun Prampelan I, Desa Adipuro, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang sekitar pukul 15.30 WIB, Selasa (26/1/2021). Peristiwa longsor tersebut mengakibatkan dua rumah rusak berat dan empat orang mengalami luka-luka.

Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edy Susanto dalam keterangannya mengatakan, akibat longsor tersebut dua rumah rusak berat, satu rumah dan kandang rusak ringan.

Bencana tanah longsor, berawal dari hujan dengan intensitas sedang-lebat mengguyur wilayah Desa Adipuro, Kecamatan Kaliangkrik sejak pukul 15.30 WIB. Akibatnya, tebing setinggi 25 meter dengan lebar 10 meter longsor dengan membawa material berupa rumpun bambu sehingga menutup akses jalan serta menimpa empat rumah warga.

Keempat korban tersebut adalah Anisafiroh (27), Zidni (11) dirujuk ke RSU Tidar, Slamet Ardiyanto (39) dibawa ke Puskesmas Kaliangkrik. Sementara, Riyoto (59) dibawa ke Poliklinik Desa Adipuro. “Saat ini BPBD telah berkoordinasi dengan pemerintah desa setempat untuk melakukan proses penanganan bencana tanah longsor tersebut. Para petugas gabungan, relawan serta warga setempat juga telah melakukan proses pembersihan jalan,” ucap Edi.

Edi juga mengimbau masyarakat Kabupaten Magelang untuk lebih meningkatkan kewaspadaan utamanya di saat musim penghujan.

“Kabupaten Magelang merupakan rawan terjadi bencana tanah longsor, terutama daerah perbukitan dan di lereng gunung.

Jadi kewaspadaan terhadap lingkungan ditingkatkan, apabila ada indikasi gerakan tanah, warga pindah ke tempat yang aman,” pungkas Edi. (cha)

Artikel Menarik Lainnya :  Waspada! Omicron Mengancam, Vaksin Masih Dianggap Penting