Lockdown Satu RT di Baledono Selesai, Warga Dipersilakan Beraktivitas Biasa

UMUMKAN. Lurah Baledono saat mengumumkan masa berakhirnya isolasi mandiri yang dilakukan oleh warga RT 1 RW 7 Kelurahan Baledono.
UMUMKAN. Lurah Baledono saat mengumumkan masa berakhirnya isolasi mandiri yang dilakukan oleh warga RT 1 RW 7 Kelurahan Baledono.

MAGELANGEKSPRES.COM,PURWOREJO – Warga RT 1 RW 7 Kelurahan Baledono Purworejo akhirnya dapat kembali beraktifitas seperti biasa setelah 14 hari mereka melakukan isolasi mandiri di lingkungan mereka sejak 28 April lalu karena hasil rapid test terhadap 35 orang, 16 diantaranya terkonfirmasi reaktif covid-19.

Berakhirnya masa isolasi mandiri tersebut diumumkan oleh Lurah Baledono, Firmas Iswanto, kemarin di kantor kelurahan setempat. Dalam kesempatan tersebut ia didampingi oleh Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas Baledono serta Ketua RT.

“warga telah mengikuti rapid test kedua dengan hasil negatif (nonreaktif/NR). Mulai hari ini warga RT 01 RW 07 sudah bisa beraktivitas seperti biasa. Namun mereka harus tetap mengikuti sesuai protokoler penanganan Covid-19, yaitu dengan memakai masker bila beraktifitas diluar rumah, karena masih dalam masa pandemi covid-19,” kata Firman.

Diungkapkan, pasca dilakukanya rapid test dan munculnya sejumlah warga yang RDT-nya reaktif membuat stigma negatif bagi warga di RW itu. Sehingga secara psikologis dan soal perekonomian warga Kelurahan Baledono menjadi terganggu.

Baca Juga
Usai Diisi Bensin, Motor Terbakar, Beruntung Pengendara Selamat

“Sebagaian warga kan berdagang di pasar-pasar tradisional atau keliling. Nah ketika ada yang tahu mereka warga Baledono langsung ada yang disuruh pulang atau kembali,” ungkap Firman.

Dengan hasil Rapid Test kedua ini, diharapkan bisa membawa dampak positif bagi warga Kelurahan Baledono. Dimana hingga saat ini, hanya ada tiga orang dalam satu keluarga yang terkonfirmasi positif corona dari Klaster Gowa yang tinggal di Kelurahan Baledono. Mereka bertiga kini juga sudah diisolasi di RSUD Tjokronegoro.

“Di seluruh kelurahan ada 21 orang yang RDT-nya reaktif. Tiga terkonfirmasi, 18 lainnya masih menunggu hasil swab. Mereka masih melakukan isolasi mandiri di rumah diawasi oleh warga sekitarnya. Silakan yang hasil test cepatnya non reaktif beraktivitas kembali, yang masih menunggu hasil test swab harus patuh isolasi di rumah,” jelas Lurah.

Sementara itu, Ketua RT 01 RW 07, Hamdan Mansyur mengatakan, 30 KK yang diisolasi mandiri sangat patuh dan iklas mengikuti anjuran pemerintah, sehingga kini mereka bisa kembali beraktifitas seperti semula.

“Banyak kegiatan di dalam selama masa isolasi, tiap hari, selama 14 hari mereka keluar hanya untuk berjemur atau senam saja. Adapun bantuan makanan serta lainya kami berkoordinasi dengan pemerintah Kelurahan Baledono untuk mencukupi semua kebutuhan warga,” terang Hamdan.(luk)