Literasi Dinniyah Jadi Pembiasan Ramadhan di SMP Mutual Kota Magelang

LITERASI DINIYAH. Siswa SMP Mutual Kota Magelang mengikuti program pembiasaan setelah salat berjamaah, Kamis (7/4).
LITERASI DINIYAH. Siswa SMP Mutual Kota Magelang mengikuti program pembiasaan setelah salat berjamaah, Kamis (7/4).

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM-SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang memberikan pembiasaan-pembiasaan baik kepada seluruh peserta didik. Selama bulan Ramadan, peserta didik masuk 50 % dan dimulai pukul 06.30 WIB.

Ahmad Haryanto, Wakil Kepala Bidang Al Islam dan Kemuhammadiyahan mengatakan bahwa sebelum pembelajaran ada pembiasaan literasi diniyah yang dimulai pukul 06.30 – 07.30 WIB.

“Literasi diniyah ini intinya menanamkan nilai-nilai keagamaan dan membangun karakter dalam penguatan spiritual. Mulai dari tilawah bersama, shalat dhuha dan kajian ayat atau kultum,”katanya saat ditemui kemarin (7/4).

Selain di pagi hari, dijelaskan bahwa sebelum pulang para peserta didik wajib shalat jamaah dhuhur di sekolah. Kenudian mereka juga akan menambah hafalan mulai dari bacaan shalat, doa harian dan juga ayat-ayat pilihan.

“Semoga pembiasaan ini nanti dapat berlanjut dihari-hari biasa meskipun selama ini sudah jalan namun dengan durasi yang agak pendek waktunya,”ujarnya.

Wasi’un, kepala sekolah setempat menambahkan bahwa program ini menjadi salah satu ciri khas yang ada di SMP Mutual. Harapanya, dengan penguatan diniyyah para peserta didik dapat mengasah akhlaq dan pemahaman agama yang baik.

“Prestasi tidak harus akademik, tetapi kalua akhlaq anak-anak baik Insya Allah yang lain akan baik,” tegasnya.

Menurutnya, modal utama dalam kesuksesan itu soal ilmu agama. Setinggi apa pun prestasi seorang anak tetapi jika tidak mampu menjaga diri dengan akhlaq yang baik maka percuma.
“Terimakasih kepercayaan ayah bunda dalam menyekolahkan putra-putrinya di SMP Mutual. Semoga kami selalu istiqomah dan mohon doanya selalu,”tutupnya. (hen)