Lingkar Jelma Geliatkan Teater Kala Pandemi

TOTAL. Lingkar Jelma tetap total pentas teater meski disajikan secara virtual di SMA Pancasila Purworeo, kemarin malam.

MAGELANGEKSPRES.COM,PURWOREJO – Pandemi Covid-19 cukup berdampak bagi para pelaku seni, khususnya seni pertunjukan, karena tak dapat pentas dengan menghadirkan banyak penonton. Kondisi itu disiasati oleh Komunitas Seni Lingkar Jelma dengan menghelat pementasan teater secara virtual di SMA Pancasila Purworeo, Jumat (192) malam.

Naskah berjudul Dilarang Menyanyi di Kamar Mandi yang diadaptasi dari cerpen Seno Gumira Ajidarma oleh Gusmel Riyadh, sukses disutradarai Aldi Mahendra. Tak banyak penonton memang, tapi sejumlah pemain berusaha total berakting dan mampu menggiring pada suasana pementasan.

Aldi Mahendra menyebut, pementasan kali ini merepresentasikan realitas kehidupan, khususnya menyangkut urusan keluarga.

“Naskah ini banyak sekali mengandung pesan moral dalam kehidupan, nantinya masyarakat dapat menyaksikan di kanal YouTube Lingkaran Jelma tanggal 23 Februari 2021,” sebutnya.

Agus Winarno, Waka Kesiswaan SMA Pancasila Purworejo yang memiliki latar belakang seni rupa lulusan IKIP Surabaya, menyatakan sangat mendukung adanya kreativitas anak-anak muda yang selalu memiliki semangat. Menurutnya, pegiat seni harus peka situasi sehingga tetap mampu berkreativitas meski dalam masa pandemi seperti saat ini.

“SMA Pancasila menjadi sekolah yang mendukung penuh bakat-bakat anak yang ingin mengembangkan diri dalam bidang seni, kami sangat terbuka. Melihat pementasan yang di gelar Lingkar Jelma menunjukkan eksistensi seni di Purworejo tetap ada khususnya Teater, kekompakan mereka menjadi penyemangat bagi yang tua-tua,” ungkapnya. (top)

Artikel Menarik Lainnya :  PPKM Level 3, PTM Terbatas di Purworejo Diikuti 50 Persen Siswa