Libur Lebaran, Puskesmas dan Rumah Sakit di Wonosobo Siaga 24 jam

Puskesmas dan Rumah Sakit di Wonosobo Siaga 24 jam

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES.COMLibur lebaran tahun 2022, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Wonosobo akan menyiagakan fasilitasi kesehatan seperti rumah sakit dan puskesmas selama 24 jam.

“Libur lebaran tahun 2022, rumah sakit dan puskesmas akan disiagakan selama 24 jam, jadi tidak ada libur, ” ungkap Kadinkes Wonosobo, dr Moh Riyatno.

Menurutnya, pelayanan 24 jam saat libur lebaran untuk fasyankes dan klinik dalam rangka mendukung kelancaran dan kenyamanan masyarakat.

“Ini sebagai langkah antisipasi, sebab pertolongan dan pelayanan kesehatan merupakan pelayanan urgen serta vital, ” terangnya.

Dijelaskan, ada sekitar 24 puskesmas, 8 klinik pratama, 3 RSU dan 2 RSK. Selain itu ada 24 ambulan puskesmas dan puluhan ambulan desa dan swasta yang siap melayani masyarakat selama libur panjang lebaran.

“Jika terjadi ke gawat darurat an dan kecelakaan bisa langsung ditangani oleh tim medis,” katanya.

Selain itu pihaknya juga bekerjasama dengan Public Safety Center (PSC) 119 dan pelayanan si jago RSUD untuk mempercepat penanganan kegawatdaruratan, seperti kecelakaan. Ada sekitar 8 orang perawat dan dua ambulan PSC yang siap melayani selama 24 jam.

“Dinkes juga mengirim tim kesehatan yang akan bergabung bertugas di 6 pospam,” pungkasnya. (gus)