Libur Lebaran, Produk Sampah di Wonosobo Diprediksi Capai 150 Ton Per Hari

Produk Sampah di Wonosobo Diprediksi Capai 150 Ton Per Hari
Produk Sampah di Wonosobo Diprediksi Capai 150 Ton Per Hari

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES.COM– Dinas Lingkungan Hidup (DLH) memprediksi ada kenaikan sampah hingga 10 persen lebih pada saat libur lebaran 2022. Terkait hal tersebut LH keluarkan surat edaran dan mengatur tenaga kebersihan.

“Prediksi kita volume sampah akan naik 10 persen lebih, bahkan kalau pemudik lebih besar dan jumlah wisatawan lebih banyak bisa 30 persen,” ungkap Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan DLH Wonosobo, Sidik Widagdo.

Menurutnya, produksi sampah di Wonosobo mencapai 110 ton per hari. Ketika libur jumlahnya meningkat bisa 150 ton. Mengantisipasi libur lebaran 2022, pihaknya sudah menyiapkan sejumlah langkah.

“Kita siapkah sejumlah langkah, salah satunya surat edaran ke seluruh OPD terutama kecamatan, kelurahan dan desa,” katanya.

Surat edaran tersebut berisi tentang upaya pengurangan sampah plastik, pemilahan sampah dan sosialisasi membuang sampah di tempat yang telah ditentukan.

“Meminimalisir sampah plastik, dan melakukan pengolahan,” katanya.

Lebih lanjut dijelaskan, di lokasi rest area harus ada tempat sampah. Hal sama juga di tempat wisata, tempat ibadah, pusat perbelanjaan, fasum, pasar dan titik keramaian yang lain.

“OPD terkait kita harapkan membuat ajakan ajakan untuk buang sampah pada tempatnya. Melalui banner dan stiker, ” ujarnya.

Sedangkan untuk wilayah kota, akan dilakukan entry data sampah. Sehingga pola angkut atau pengambilan sampah lebih ter sistem.

“Kita dorong pengaturan dengan baik, gimana caranya Wonosobo harus resik. Tidak ada keluhan tumpukan sampah saat libur lebaran,” katanya

Diakui bahwa saat ini jumlah petugas kebersihan dan pemeliharaan pertamanan capai 200 orang dan tenaga angkut sebanyak 50 orang. (gus)